Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi, IPB University dan UINSU Medan Tanda Tangani MoU

Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi, IPB University dan UINSU Medan Tanda Tangani MoU

Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi, IPB University dan UINSU Medan Tanda Tangani MoU
Berita

IPB University bersama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan melaksanakan penandatangan memorandum of understanding (MoU) guna meningkatkan kerja sama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Naskah MoU ditandatangani oleh Prof Arif Satria selaku Rektor IPB University bersama dengan Prof Nurhayati, Rektor UINSU Medan di Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Rabu (28/3).

Dalam kesempatan itu, Prof Arif Satria mengatakan bahwa IPB University siap mendukung UINSU Medan untuk berkembang semakin matang di tahun ini. Ia berharap UINSU Medan mau berbagi kebutuhan yang diperlukan, baik dalam bidang riset, pendidikan, maupun pengembangan masyarakat.

Selain itu, sebutnya, IPB University juga memiliki program pengabdian masyarakat pedesaan di Indonesia, salah satunya Data Desa Presisi (DDP). Karena itu, IPB University membutuhkan partner lokal untuk membantu pengembangan desa melalui program-program tersebut.

“Kita punya program Data Desa Presisi oleh Fakultas Ekologi Manusia. Kalau kita sudah ekspansi ke Sumatera Utara, mau tidak mau, kita membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersama-sama menciptakan data presisi untuk masyarakat di Sumatera Utara,” jelasnya.

Prof Arif berharap kerja sama ini bisa berkembang lebih luas lagi, tidak terbatas pada satu-dua fakultas saja. Ia ingin fakultas-fakultas lain bisa menindaklanjuti penandatanganan MoU sehingga kerja sama ini berkembang dan lebih berdampak luas.

Sementara itu, Prof Nurhayati mengatakan, selain bertujuan mengembangkan tridharma perguruan tinggi, kedatangannya ke IPB University juga untuk penguatan implementasi sistem mutu internal di UINSU. Dalam waktu dekat, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UINSU Medan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan SDM (PPSDM) IPB University akan melakukan pelatihan audit internal bagi para auditor di lingkungan UINSU Medan.

“Mudah-mudahan penandatanganan MoU IPB University dengan UINSU Medan membawa keberkahan. Tidak hanya bagi IPB University, namun juga UINSU Medan yang sedang berjuang mendapatkan akreditasi Unggul,” harapnya.

Sebagai penutup, Prof Nurhayati turut mengundang Prof Arif Satria dan Prof Iskandar Siregar selaku Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni berkunjung ke UINSU Medan untuk menyapa dan memotivasi para dosen dan mahasiswa UINSU Medan. (Frans/Rz)