Jadi Pahlawan Lingkungan, Gabung Prodi ‘Avatar’ di Sekolah Vokasi IPB University, Kuy!

Jadi Pahlawan Lingkungan, Gabung Prodi ‘Avatar’ di Sekolah Vokasi IPB University, Kuy!

Jadi Pahlawan Lingkungan, Gabung Prodi ‘Avatar’ di Sekolah Vokasi IPB University, Kuy!
Berita

Pembangunan berkelanjutan untuk merawat lingkungan alam dan sosial memang jadi tantangan besar buat masyarakat masa kini. Nah, di tengah situasi seperti ini, Sekolah Vokasi (SV) IPB University jadi superhero-nya! Lewat Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (D4) Teknik dan Manajemen Lingkungan (LNK), mahasiswa dan dosennya diharapkan jadi sosok kreatif yang bisa memberikan solusi jitu untuk membantu menjaga alam.

Eits, jangan salah! Prodi Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB University tidak hanya memberi ilmu akademik saja, tapi di sini mahasiswa disiapkan untuk punya skill yang komplit dalam menyusun dan menerapkan strategi pembangunan berkelanjutan. Dengan menggabungkan ilmu teknis dan manajerial lingkungan, mahasiswa dan dosen di prodi ini dipicu untuk aktif dalam riset dan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan. Tidak hanya efisien dari segi teknis, tetapi juga berkelanjutan dalam jangka panjang. Menarik, bukan?

Keunggulan prodi ini terbukti dari keunggulan mahasiswanya, salah satunya adalah Muhammad Dzaky Ghifari, mahasiswa LNK angkatan 59. Ia memutuskan masuk ke Prodi LNK karena berminat mengeksplorasi solusi permasalahan lingkungan.

Menariknya, Prodi LNK adalah salah satu prodi favorit di Sekolah Vokasi IPB University. Dzaky menuturkan, prodi ini menawarkan kombinasi ilmu antara teknik dan manajemen lingkungan. Kata dia, Prodi LNK dijuluki ‘Prodi Avatar’ karena mereka mempelajari banyak elemen seperti tanah, udara, api, dan air.

“Saat lagi kuliah dan praktikum di Prodi LNK IPB University, saya mendapat pemahaman yang kuat tentang teknis dan manajemen buat jaga lingkungan. Lebih keren lagi, pas saya ikut praktikum, saya berkesempatan untuk melakukan yang dipelajari di kelas di lapangan. Saya mencoba berbagai hal mulai dari survei kualitas udara sampai analisis limbah, pemilahan sampah, bahkan belajar tentang herpetofauna, pokoknya banyak banget!” kata Dzaky.

Hal unik yang ada di Prodi LNK IPB University adalah mahasiswa bisa belajar dua kompetensi mata kuliah, yaitu teknik dan manajemen lingkungan sehingga kompetensi di LNK ini termasuk lengkap.

Nah, bagi calon mahasiswa baru, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Prodi LNK, nih! Kenapa? Karena di sini kamu bakal mendapat kombinasi unik yang menggabungkan pendekatan teknis dan manajerial untuk mengatasi masalah lingkungan.

Prodi ini sudah terbukti sebagai pelopor dalam memberikan pondasi yang kuat dalam bidang teknik lingkungan. Tidak hanya itu, Prodi LNK juga bakal mengajari kamu keterampilan manajemen yang sangat penting buat mempersiapkan solusi alam berkelanjutan.

Nah, para lulusan Prodi LNK ini bisa bekerja jadi ahli lingkungan yang bikin perbedaan! Mereka bisa jadi pahlawan di berbagai bidang, mulai dari konsultan lingkungan sampai jadi bagian tim yang mengatur limbah industri dengan teknologi canggih. Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga bisa berperan di lembaga seperti Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) atau Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).

Dengan kompetensi dari prodi ini, langit adalah batas terendah buat mereka menjaga lingkungan! Jadi, jangan ragu lagi untuk gabung di Prodi LNK SV IPB University dan jadi bagian dari perubahan yang lebih baik! (Frans/Rz)