IPB University Konsisten Raih Predikat Informatif Selama 6 Tahun dari Komisi Informasi Pusat

IPB University Konsisten Raih Predikat Informatif Selama 6 Tahun dari Komisi Informasi Pusat

IPB University Konsisten Raih Predikat Informatif Selama 6 Tahun dari Komisi Informasi Pusat
Prestasi

IPB University kembali mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) RI sebagai perguruan tinggi dengan predikat ‘Informatif’. Selama enam tahun berturut-turut, IPB University selalu konsisten berada dalam klaster informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik ini.

Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, Dr Alim Setiawan Slamet menerima penghargaan ini yang diberikan langsung oleh Ketua KIP RI, Donny Yusgiantoro di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta (19/12).

Secara terpisah, Rektor IPB University, Prof Arif Satria, menyatakan rasa bangganya atas predikat yang dicapai IPB University ini.

“IPB University sebagai badan publik akan terus berupaya memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Keterbukaan informasi publik menjadi kewajiban yang harus dipenuhi dengan kepatuhan,” ujarnya.

Prof Arif juga mengungkapkan rasa terima kasih atas prestasi yang berhasil dipertahankan oleh IPB University. Ia menyatakan harapannya agar prestasi ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan good university governance.

Prestasi ini diakuinya tidak terlepas dari kontribusi berbagai pihak terkait di IPB University, khususnya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang telah berperan aktif dalam memberikan pelayanan publik.

“PPID IPB University telah secara konsisten memberikan informasi dan melakukan publikasi yang luas melalui berbagai saluran, termasuk situs web, media sosial, media massa, ruang publik, serta berbagai media internal dan karya-karya lainnya,” ujar Rektor.

Ketua KIP RI, Donny Yusgiantoro dalam kesempatan itu melaporkan bahwa dari 369 badan publik yang turut serta pada tahun 2023, 139 di antaranya memperoleh kualifikasi informatif (37,7 persen). Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2022, hanya 122 dari 372 badan publik yang memperoleh kualifikasi serupa.

Selain itu, pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023, terdapat 43 badan publik yang mendapat predikat menuju informatif, 13 badan publik dengan kualifikasi cukup informatif, 27 badan publik kurang informatif dan 147 badan publik yang tidak informatif. (Rz)