Pencegahan Stunting Lewat Lokakarya Gemasting

Pencegahan Stunting Lewat Lokakarya Gemasting

pencegahan-stunting-lewat-lokakarya-gemasting-news
Riset

Gemasting (Gerakan Masyarakat Sadar Stunting) merupakan salah satu program Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) IPB University yang berfokus pada pencegahan stunting dengan pemberian edukasi kepada masyarakat. Target dari program Gemasting sendiri yaitu wanita usia subur, ibu hamil, dan ibu yang memiliki balita. Tujuan dari program tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai stunting, meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pencegahan stunting, serta meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pengolahan bahan pangan bergizi seimbang sebagai upaya pencegahan stunting. Salah satu rangkaian program Gemasting yaitu lokakarya. 

Lokakarya Gemasting diadakan pada 1 Juli 2019 di Aula Kantor Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan  program Gemasting sebagai upaya pencegahan stunting yang telah dijalankan di Kampung Gunung Leutik, Desa Benteng serta memberikan pemahaman mengenai stunting. Lokakarya dihadiri Ibu Kepala Desa Benteng, para kader posyandu, para kader posbindu, dan para kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga(PKK) se-Desa Benteng. 

Ibu  Kepala Desa Benteng, Wiwin Wijayani, M.Pd mengatakan dalam sambutannya, walaupun Desa Benteng belum termasuk daerah garis merah dalam masalah stunting, namun masih perlu adanya “warning” untuk mencegah stunting. Dijelaskan juga bahwa masalah stunting mendapatkan anggaran tersendiri oleh pemerintah karena stunting merupakan masalah yang serius di Indonesia.

Selain sambutan dari Ibu Lurah Desa Benteng,  sambutan juga disampaikan oleh Aenyfatchu Rohmah selaku Ketua PKMM “Gemasting”, dalam sambutannya mengatakan bahwa permasalahan stunting menjadi tanggung jawab bersama, sehingga mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk ikut berkontribusi secara nyata dalam upaya pencegahan stunting, salah satunya melalui PKM ini.

Lokakarya diadakan dalam bentuk talk show yang dimoderatori oleh Ahmad Fauzan selaku mahasiswa IPB dan diisi oleh dua pemateri yaitu Jihan Eka Aprilia selaku anggota tim Gemasting yang menjelaskan mengenai program Gemasting dan M. Nasrul Qorib dari Departemen Gizi Masyarakat IPB University yang menjelaskan mengenai stunting dari sudut pandang ilmu gizi. Dalam lokakarya juga dilakukan pembacaan usulan program Gemasting untuk dijadikan sebagai program Desa Benteng tahun 2020. Surat usulan program dibacakan moderator dan dilakukan penyerahan surat usulan beserta proposal PKM M “Gemasting” oleh ketua PKM kepada Ibu Kepala Desa Benteng.

Dengan adanya lokakarya Gemasting yang dihadiri oleh para kader posyandu, kader posbindu, dan kader PKK sebagai salah satu penggerak masyarakat desa,  tim Gemasting berharap jika Gemasting dapat dilanjutkan secara mandiri sebagai upaya pencegahan stunting sehingga mengurangi angka stunting di Indonesia. (AF/ris)