Lebih Dari 16 Ribu Peserta Akan Ikuti UTBK-SNBT di IPB University, Ini Persiapan yang Sudah Dilakukan

Lebih Dari 16 Ribu Peserta Akan Ikuti UTBK-SNBT di IPB University, Ini Persiapan yang Sudah Dilakukan

Lebih Dari 16 Ribu Peserta Akan Ikuti UTBK-SNBT di IPB University, Ini Persiapan yang Sudah Dilakukan
Berita

Sejumlah 16.627 peserta akan mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) di IPB University. Ujian tersebut akan terbagi ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 30 April dan tanggal 02 – 07 Mei 2024 dan gelombang kedua pada tanggal 14 – 17 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University yang juga Ketua Pusat UTBK-SNBT IPB University, Prof Deni Noviana menyampaikan berbagai persiapan yang telah dilakukan IPB University dalam pelaksanaan UTBK terutama adalah kesiapan uji coba sistem dari 28 ruangan di 6 klaster fakultas dan sekolah di lingkungan IPB University.

“IPB University ditunjuk sebagai salah satu pusat penyelenggara UTBK, berbagai persiapan telah dilakukan, yang paling penting adalah uji coba sistem, karena sistem ujian UTBK dikelola secara nasional. Hari ini telah dilakukan uji coba sistem dan berjalan lancar,” ungkap Prof Deni.

Ia mengungkapkan, fasilitas ruangan sudah disiapkan dengan baik, ada 28 ruangan dari beberapa fakultas di Kampus IPB Dramaga yang akan digunakan sebagai tempat ujian yaitu Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Perpustakaan hingga fasilitas yang terdapat di Sekolah Vokasi dan Sekolah Bisnis yang berlokasi di Kota Bogor.

Lebih lanjut Prof Deni menghimbau agar peserta UTBK bisa mengantisipasi potensi kemacetan atau melakukan survei lokasi sebelum penyelenggaraan seleksi dimulai.
“Hal tersebut penting dilakukan mengingat ada dua wilayah kampus IPB University yang menjadi tempat penyelenggaraan UTBK, yaitu di Kampus Dramaga yang berada di Kabupaten Bogor dan Kampus Sekolah Vokasi juga Kampus Sekolah Bisnis di wilayah Kota Bogor,“ tuturnya.

Ia berharap peserta UTBK nantinya tidak keliru dengan lokasi seleksi yang sesuai dengan kartu peserta. “Semoga kegiatan berjalan lancar, peserta bisa nyaman dan mendapat hasil ujian yang terbaik sehingga para peserta bisa diterima di perguruan tinggi yang diharapkan,“ tutupnya.