Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Monev Mahasiswa Beasiswa KNB

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Monev Mahasiswa Beasiswa KNB

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Monev Mahasiswa Beasiswa KNB
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menggelar monitoring dan evaluasi (monev) mahasiswa penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) di Hotel Grand Savero, Bogor belum lama ini. Kegiatan monev ini diikuti sebanyak 12 mahasiswa penerima beasiswa KNB tahun 2021.

Beasiswa KNB merupakan program beasiswa oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan reputasi internasional pendidikan tinggi Indonesia.

Beasiswa KNB ditawarkan kepada warga negara asing dari negara-negara berkembang yang memiliki potensi akademis dan memiliki minat kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. IPB University merupakan salah satu dari sekian perguruan tinggi (PT) bereputasi di Indonesia yang memperoleh amanat untuk menjalankan program ini.

Prof Agus Buono, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan SPs IPB University menyambut baik pelaksanaan monev beasiswa KNB saat ini. “Untuk mahasiswa KNB tahun 2021 saat ini sudah ada yang lulus dan sebagian sedang melakukan penelitian tahap akhir, sehingga progres saat ini sudah sangat baik dan selalu dipantau oleh SPs IPB University,” ujarnya.

Prof Agus Buono menambahkan, aktivitas mahasiswa KNB tahun 2023 saat ini sedang menyelesaikan program Bahasa Indonesia tingkat akhir dan sebagian mahasiswa KNB sudah mengambil sit-in mata kuliah di Program Studi (Prodi) pilihannya.

“Saat ini, SPs IPB University merupakan tujuan favorit mahasiswa KNB untuk melanjutkan studi, sejak tahun 2006 kami sudah menerima program beasiswa KNB dan berjalan lancar. Mahasiswa KNB juga diberikan program pengenalan budaya Indonesia, tujuannya agar memahami budaya-budaya yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu Fatmasari Siregar, MM, Kepala Sub Bagian Humas, Kerjasama dan Penerimaan Mahasiswa Baru SPs IPB University menyampaikan bahwa pengenalan Budaya Indonesia ini sangat penting karena dapat menjadi media promosi budaya Indonesia di ranah internasional.

“Harapannya warga negara asing dari program KNB akan memberikan kontribusi pada dinamika positif dan interaksi lintas budaya antara komunitas akademisi Indonesia dengan mahasiswa internasional. Dengan adanya program beasiswa KNB ini salah satunya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pemeringkatan perguruan tinggi di World University Ranking,” imbuhnya.

Kegiatan monev ini juga dihadiri oleh Rudi Irawan, MSi Kepala Tata Usaha, Zukhri Alsa Siregar, MM Kepala Sub Bagian Keuangan Kepegawaian dan Umum, Nur Sulianti Suci Pertiwi, SP Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan, serta beberapa Ketua Program Studi (Prodi) yang ditempuh mahasiswa KNB. (HBL/Lp)