IPB University Raih Pendanaan Terbanyak pada P2MW 2024

IPB University Raih Pendanaan Terbanyak pada P2MW 2024

IPB University Raih Pendanaan Terbanyak pada P2MW 2024
Berita

IPB University menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi dengan meraih pendanaan proposal terbanyak dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2024. P2MW merupakan program hibah dana yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

P2MW menjadi salah satu program yang disambut baik oleh mahasiswa IPB University. Hal itu terlihat pada tahap awal pendaftaran IPB Business Competition (IBC), ada sebanyak 59 tim yang mendaftar. Mereka mendapatkan pembinaan dan coaching proposal bersama tim dosen pembina. Dari total pendaftar tersebut, kemudian disaring hingga terpilih 20 proposal terbaik yang didaftarkan ke nasional pada Maret (17/4) lalu.

Setelah kurang lebih dua bulan seleksi oleh Belmawa, 19 tim IPB University berhasil meraih pendanaan dengan total pendanaan mencapai Rp328.760.000. Dengan hal ini, IPB University menorehkan prestasi sebagai perguruan tinggi dengan capaian jumlah proposal didanai terbanyak.

Adapun untuk sebaran tim menurut kategori bisnis yaitu Kategori Makanan Minuman (2 tim), Kategori Budidaya (3 tim), Kategori Industri Kreatif (3 tim), Kategori Jasa dan Perdagangan (3 tim), Manufaktur dan Teknologi Terapan (3 tim), dan Bisnis Digital (5 tim).

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana mengucapkan selamat dan mendoakan kelancaran bagi seluruh tim yang berhasil meraih pendanaan.

Pada Temu Perdana Tim P2MW Didanai Dikti yang dilaksanakan di Auditorium Satari, IPB Dramaga, Bogor (4/5), Direktur Kemahasiswaan IPB University, Dr Ujang Suwarna mengatakan bahwa seluruh delegasi tim yang didanai ini selanjutnya akan mendapatkan pembinaan secara intensif melalui coaching dan monitoring bersama dosen pembina.

Selain itu, mereka juga akan mengikuti kelas workshop yang akan menghadirkan para narasumber baik dari internal IPB University maupun pihak eksternal, hingga pendampingan dari Direktorat Kemahasiswaan IPB University dan fasilitator program.

Wakil Kepala Badan Pengelolaan Bisnis, Investasi, Dana Lestari dan Wakaf (BP Biswaf) bidang Pengelola Bisnis dan Kemitraan IPB University, Dr Ahmad Yani menyebut, pendanaan yang diterima saat ini diharapkan dapat mendorong semangat mahasiswa untuk berwirausaha.

“Ada banyak fasilitas dari IPB University yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis mahasiswa. Silakan dimanfaatkan. Jangan sampai setelah pendanaan selesai, bisnis adik-adik juga selesai,” tuturnya.

Dalam acara ini, turut hadir Dr Syaefudin (Asisten Direktur Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan), para dosen pembina dan dosen pembimbing tim.

“Selamat dan semangat untuk delegasi P2MW didanai. Semoga delegasi IPB University bisa melanjutkan ke Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2024 di Universitas Haluoleo, Kendari,” tandas perwakilan dosen pembina, Yon Sugiarto, SSi, MSc. (*/Rz)