Momen Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan untuk Merespon Perubahan

Momen Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan untuk Merespon Perubahan

Momen Wisuda, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Pesan untuk Merespon Perubahan
Berita

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, memberikan tiga pesan untuk merespon perubahan kepada 489 wisudawan yang diwisuda pada Rabu, 24/04 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Pesan tersebut utamanya untuk mengasah skill bagi masa depan sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Rektor mengutip kata-kata dari James Anderson, the most successful people in the 21st century will be those who are the most responsive, the ones who can adapt in the face of disruption.

“Kesuksesan merespon perubahan diraih dengan beberapa cara. Pertama, dengan membangun empat pilar kepemimpinan yang terdiri dari lead the future, lead change, lead others dan lead self,” ucap Prof Arif.

“Kedua, kita juga perlu melakukan reskilling needs karena kompetensi yang dimiliki hari ini, dalam lima tahun ke depan 65 persen kompetensi itu tidak akan relevan lagi. Bila tidak mampu reskilling dan upskilling maka kita akan ketinggalan jaman,” ujarnya.

Lanjutnya, perusahaan besar relatif tidak percaya kepada perguruan tinggi, sehingga IPB University menciptakan microcredential, sebuah sertifikat kompetensi untuk keperluan reskilling yang dapat digunakan di ranah kerja.

“Kita sudah menyiapkan 17.000 akun user microcredential untuk mahasiswa sarjana dan diploma. Program ini dapat memberikan nilai tambah kepada lulusan IPB University dengan 21.500 course microcredential yang disediakan di LinkedIn Learning, Coursera dan Udemy,” jelas Prof Arif.

“Bila 50 persen mahasiswa IPB University mengambil microcredential, maka mahasiswa tersebut dapat berdaya saing tinggi dibanding lulusan perguruan tinggi lain,” tambah dia.

Pesan ketiga, Prof Arif menegaskan upaya tersebut perlu didukung dengan growth mindset dan mempraktikkan future practice, sehingga lulusan IPB University bisa menjadi pembelajar tangkas sekaligus menjadi trendsetter dan future leader di berbagai bidang.

Dr Walneg S Jas, Ketua Umum Himpunan Alumni (HA) IPB University menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan. Ia menyambut wisudawan yang sudah resmi menjadi alumni dan anggota HA IPB University .

“Sebagai role model bagi perguruan tinggi lain, kami berharap alumni dapat ikut berkontribusi menciptakan legacy,” katanya.

“Demi mendukung capaian Indonesia Emas 2045, Indonesia membutuhkan kontribusi cendekiawan untuk membersamai perjuangan dan pembangunan bangsa, masih banyak tugas yang perlu diselesaikan. Oleh karena itu, seluruh wisudawan IPB University tidak tinggal diam dan berkontribusi secara aktif dan positif dimanapun kita berada,” tutupnya.