IPB University Siapkan 10 Bus Kampus Untuk Peserta UTBK-SNBT, Simak Jadwal dan Rutenya!

IPB University Siapkan 10 Bus Kampus Untuk Peserta UTBK-SNBT, Simak Jadwal dan Rutenya!

IPB University Siapkan 10 Bus Kampus Untuk Peserta UTBK-SNBT, Simak Jadwal dan Rutenya!
Berita

Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru, IPB University menjadi salah satu pusat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT).

Untuk memastikan kelancaran dan mobilitas peserta menuju lokasi ujian, khusus peserta UTBK di Kampus Dramaga, IPB University menyediakan bus kampus sebagai sarana transportasi selama masa ujian berlangsung.

Lokasi UTBK di Kampus IPB Dramaga terletak di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), dan Perpustakaan Gedung A dan B.

Akhmad Kosasih, SE, Direktur Umum dan Infrastruktur IPB University, menjelaskan bahwa selama masa ujian SNBT, IPB University menyiapkan 10 armada bus yang beroperasi sesuai dengan jadwal ujian.

Selama masa ujian, berbeda dengan hari-hari biasa, bus kampus beroperasi secara penuh. Wilayah operasional bus dibagi menjadi tiga koridor:
1. Koridor 1: Grha Widya Wisuda (GWW) – Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) – GWW via Asrama Putri;
2. Koridor 2: GWW – SKHB – GWW via Perpustakaan;
3. Koridor 3: GWW – SKHB – GWW via Rektorat.

Bus keliling ini akan mengantar peserta dari GWW ke lokasi ujian, khususnya bagi yang melaksanakan ujian di Perpustakaan/Gedung Pusat Komputer dengan membawa kendaraan sendiri (tidak diantar). Sebab, mereka yang membawa kendaraan sendiri (roda 2 ataupun roda 4), wajib memarkirkan kendaraannya di areal parkir GWW.

Dalam manajemen risiko pengadaan transportasi pada masa UTBK-SNBT, IPB University memastikan kelayakan dan keamanan bus kampus. “Kami memastikan bahwa driver bus kampus bekerja berdasarkan aturan berkendara di dalam lingkungan kampus. Selain itu, kami memprioritaskan keselamatan, kenyamanan, dan ketenangan para peserta,” tutur Akhmad Kosasih.

Salah satu pengemudi bus kampus IPB University, Ade Karyono, menyampaikan persiapannya dalam operasional bus selama masa UTBK-SNBT. “Yang membedakan hari-hari biasa dengan masa SNBT, para pengemudi bus memiliki jadwal rute yang disesuaikan dengan jadwal masuk dan selesainya ujian,” jelasnya.

Menjelang masa UTBK-SNBT, Direktorat Umum dan Infrastruktur IPB University melaksanakan briefing untuk pengemudi bus kampus untuk mengoordinasikan armada bus kampus pada operasional jadwal serta rute selama masa ujian berlangsung.

Ade Karyono juga menjelaskan bahwa saat UTBK-SNBT, bus kampus tetap beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu dengan jadwal yang disesuaikan dengan waktu ujian. (Ananda/Rz)