Guna Kelancaran UTBK-SNBT, IPB University Siapkan Fasilitas Ini, Cek Ketentuan Parkir Kendaraan

Guna Kelancaran UTBK-SNBT, IPB University Siapkan Fasilitas Ini, Cek Ketentuan Parkir Kendaraan

Guna Kelancaran UTBK-SNBT, IPB University Siapkan Fasilitas Ini, Cek Ketentuan Parkir Kendaraan
Berita

IPB University melangsungkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan bagian dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024. UTBK Gelombang 1 dilaksanakan tanggal pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 serta Gelombang 2 tanggal 14-17 Mei 2024.

Pelaksanaan UTBK di IPB University berada di tiga lokasi, yaitu Kampus Dramaga, Kampus Sekolah Vokasi Cilibende dan Kampus Sekolah Bisnis Gunung Gede.

Untuk mendukung kelancaran UTBK, IPB University telah mempersiapkan dan berupaya memberikan pelayanan terbaik. Sejumlah fasilitas disiapkan mulai dari bus kampus (area Dramaga), toilet, kantong parkir, masjid dan musala hingga petugas kesehatan. Selain itu, toilet juga sudah tersebar di sekitar lokasi ujian dan Grha Widya Wisuda (GWW) yang bisa digunakan oleh pendamping.

Di samping itu, tim teknis untuk sejumlah hal juga dikerahkan. Direktur Umum dan Infrastruktur IPB University, Akhmad Kosasih, SE menjelaskan, jumlah personel yang disiapkan mencapai 45 orang dengan tugas yang cukup beragam.

Tim teknis tersebut terdiri dari teknisi listrik, air dan AC sebanyak 7 orang, sopir bus keliling 10 orang, sopir mobil listrik 2 orang, satpam 14 orang yang masing-masing tersebar di lokasi ujian, petugas parkir 6 orang, dan petugas kebersihan toilet sebanyak 3 orang.

Terkait parkir, ia menerangkan, khusus bagi peserta ujian di Gedung Pusat Komputer atau Perpustakaan yang diantar menggunakan kendaraan (roda 2 ataupun roda 4), dapat langsung menuju area drop off lokasi ujian. Selanjutnya, kendaraan pengantar dapat diparkir di lokasi areal parkir GWW.

“Sedangkan untuk peserta yang mengendarai kendaraan sendiri tanpa diantar, tidak bisa langsung menuju lokasi ujian, melainkan parkir kendaraan di areal parkir GWW. Peserta akan diantar ke lokasi menggunakan bus keliling IPB,” urainya.

Selanjutnya, bagi peserta ujian di Fapet dan Fateta dapat langsung memarkirkan kendaraan di area parkir lokasi ujian masing-masing. Adapun peserta ujian di FMIPA dapat memanfaatkan area parkir Gymnasium.

Tidak hanya parkiran, kelistrikan dan air juga sangat diutamakan keandalannya.
“Kami sangat mempersiapkan diri untuk memberikan yang terbaik untuk kegiatan UTBK. Keberlangsungan supply air dan listrik menjadi hal utama untuk kenyamanan, pelayanan dalam proses ujian,” tuturnya.

Sebagai upaya preventif untuk keandalan listrik, panitia pusat dan IPB University telah menyampaikan surat secara resmi kepada PLN. Sebanyak tiga orang petugas PLN Bogor akan hadir standby di IPB University untuk menjaga keandalan listrik.

“Kami juga sudah mengantisipasi dengan menyiapkan genset di titik-titik tertentu, termasuk di Sekolah Vokasi di Kampus Cilibende. Genset mobile juga disiapkan. Diupayakan tidak ada pemadaman,” tambahnya ketika diwawancarai.