DPMA IPB University Gelar Kuliah Pembekalan Perdana KKN Tematik Inovasi Periode 2024

DPMA IPB University Gelar Kuliah Pembekalan Perdana KKN Tematik Inovasi Periode 2024

DPMA IPB University Gelar Kuliah Pembekalan Perdana KKN Tematik Inovasi Periode 2024
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) menyelenggarakan Kuliah pembekalan perdana Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University periode Juni-Agustus, pada Sabtu, 30/3 secara daring melalui zoom meeting.

KKN Tematik Inovasi periode tersebut akan diikuti oleh 3.333 mahasiswa dari seluruh Fakultas dan Sekolah di IPB UnIversity, yang akan dilaksanakan pada 24 Juni hingga 5 Agustus 2024. Materi yang diusung dalam pembekalan kali ini, mengenai Etika Komunikasi dan Pendekatan di Masyarakat dan IPB Digitani: Media Komunikasi dan Konsultasi Pertanian.

Kegiatan pembekalan dibuka oleh sambutan serta laporan dari Direktur Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University, Dr Handian Purwawangsa. “Kegiatan pembekalan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep KKN Tematik Inovasi, serta memberi bekal kepada calon mahasiswa mengenai etika komunikasi pada masyarakat,” ujar Dr Handian.

Ia menegaskan bahwa mahasiswa KKNT dari berbagai fakultas akan disebar di seluruh Indonesia dan akan dilakukan integrasi kegiatan KKNT Inovasi dengan program pengabdian masyarakat lainnya yang telah dilakukan.

“Kegiatan KKNT akan dilakukan di 8 provinsi, 48 kabupaten dan kota di Indonesia, dengan estimasi jumlah desa sebanyak 417. Jumlah desa ini berdasarkan usulan fakultas dan mengacu pada pelaksanaan KKNT Inovasi 2023,” ujarnya.

Kegiatan juga dihadiri Prof Ernan Rustiadi selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Pengembangan Agromaritim IPB University. Ia menjelaskan mengenai manfaat kegiatan KKN yang akan dilakukan oleh mahasiswa. “Mahasiswa sebagai agent of change diharapkan mampu menjadi fasilitator diseminasi inovasi-inovasi IPB University kepada masyarakat, salah satunya dengan pemanfaatan dan penggunaan aplikasi IPB Digitani,” ujarnya

Sejalan dengan itu, Prof Deni Noviana menjelaskan mengenai learning outcome yang akan dicapai mahasiswa selama mengikuti KKN. “Mahasiswa mampu melatih softskill seperti leadership dan kepanitiaan, keterampilan berkomunikasi, serta networking dengan sesama mahasiswa, stakeholders desa dan masyarakat secara langsung,” ungkapnya

“KKN yang akan mengasah kemampuan leadership atas dirinya dan ilmu yang dimiliki untuk berkolaborasi dengan sesama mahasiswa dari jurusan yang berbeda, yang akan didampingi oleh dosen pembimbing untuk memberikan masukan dan solusi atas program yang akan dilaksanakan nantinya,” jelas Prof Deni.

Konsep KKN Tematik Inovasi dipaparkan oleh Asisten Direktur Layanan Agromaritim dan Digital Farming, yang menegaskan makna tema KKN “IPB Hadir: Pengembangan Berkelanjutan Masyarakat Agromaritim untuk Mencapai Socio-Resilience”

“Tema ini bermakna bahwa mahasiswa KKN IPB University datang kepada masyarakat untuk tinggal bersama serta membawa inovasi dari IPB University. Inovasi inilah yang akan diimplementasikan kepada masyarakat dalam membangun program yang berkelanjutan,” ujarnya.

Pemaparan materi kuliah pembekalan dipaparkan oleh Prof Pudji Muljono mengenai Etika Komunikasi dan Pendekatan di Masyarakat dan Dr Roza Yusfiandayani, mengenai IPB Digitani: Media Komunikasi dan Konsultasi Pertanian.