IPB University Raih Prestasi Sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan pada Ajang UI Green Metric

IPB University Raih Prestasi Sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan pada Ajang UI Green Metric

IPB University Raih Prestasi Sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan pada Ajang UI Green Metric
Prestasi

IPB University kembali meraih prestasi sebagai kampus hijau berkelanjutan. Prestasi tersebut diberikan kepada IPB University pada ajang UI Green Metric tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Universitas Hasanudin, Makasar, pada Jumat (1/12). IPB University mendapatkan peringkat empat nasional pada kategori perguruan tinggi berkelanjutan di Indonesia dan meraih peringkat 34 di dunia.

Kepala UI Green Metric, Prof Riri Fitri Sari mengatakan para perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini merupakan pejuang yang mampu mentransformasi universitas nya menjadi luar biasa.

“Banyak sekali universitas di Indonesia yang mencapai rating luar biasa peningkatannya. Kita melihat perubahan sustainable kampus itu ada di Indonesia,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kampus di Indonesia sustainability-nya sudah baik dan harus terus diperbaiki sehingga Indonesia dapat menjadi contoh negara yang memperhatikan kesetaraan dan kesetimbangan sosial, ekonomi dan lingkungan sehingga itu tercermin dari cara pengelolaan lingkungan yang diharapkan semakin baik.

Prof Nizam, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) mengatakan, UI Green Metric yang selama ini dikembangkan dapat menjadikan kampus sebagai contoh bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan dan menghambat perubahan iklim.

“UI Green Metric selama 13 tahun ini telah menghadirkan kesadaran kita untuk mewujudkan kampus yang hijau dan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan baik dalam konservasi air, energi, lingkungan yang harus terus kita tingkatkan bersama,” tuturnya.

Ia menambahkan, kepedulian dan kesadaran akan lingkungan dalam mewujudkan kampus sebagai contoh bagi masyarakat harus terus diperkuat

“Selamat kepada perguruan tinggi yang telah menjaga dan menjadikan kampus nya sebagai kampus yang hijau, peduli pada lingkungan dan melindungi lingkungan untuk dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Atas capaian prestasi ini, Dr Ibnul Qayim selaku Kepala Badan Pengembangan Kampus Berkelanjutan IPB University, mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada UI Green Metric atas penghargaan yang telah diberikn, sebagai kepala badan kampus berkelanjutan saya tidak bekerja sendiri tetapi banyak yang telah membantu saya. Kami dari Bogor ingin terus belajar untuk dapat mengembangkan kampus yang berkelanjutan,” ungkapnya.(Lp)