IPB University Gelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2023, Tampilkan 429 Judul Penelitian

IPB University Gelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2023, Tampilkan 429 Judul Penelitian

IPB University Gelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2023, Tampilkan 429 Judul Penelitian
Berita

Dalam upaya diseminasi hasil penelitian civitas, Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) IPB University menggelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2023, (11-13/12). Kegiatan dihadiri oleh para peneliti dari berbagai disiplin ilmu, tidak hanya dari IPB University tetapi juga dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sejumlah 429 judul penelitian dipresentasikan oleh para peneliti IPB University dan perguruan tinggi lainnya untuk mewujudkan agenda agromaritim 5.0.

Prof drh Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menuturkan, seminar nasional tersebut merupakan salah satu langkah strategis IPB University untuk memperkuat kolaborasi ilmuwan dalam bidang agromaritim 5.0. Agenda ini juga mendorong terwujudnya komitmen negara dalam kedaulatan pangan dan kesejahteraan masyarakat, terutama petani rakyat.

“Forum pertemuan para ilmuwan dan juga penggunanya ini diharapkan dapat mendorong kerja sama antar kalangan demi riset yang inovatif dan berkualitas, serta sebagai komitmen IPB University sebagai perguruan tinggi yang terdepan dalam inovasi,” ujarnya.

Prof Ernan Rustiadi, Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim melaporkan sejumlah 429 judul penelitian yang dipresentasikan memiliki tema beragam, yakni pangan, kesehatan, energi, kemaritiman hingga sosial humaniora.

“Berkat produktivitas kinerja para akademisi IPB University dalam penelitian, capaian skor Science and Technology Index (Sinta) IPB University menjadi ketiga tertinggi di Indonesia,” terang dia.

Prof Ernan menambahkan, jumlah pendanaan proposal oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga menjadi yang terbanyak berdasarkan rasio penelitian dan dosen. Ia berharap acara ini dapat memfasilitasi para ilmuwan untuk saling bertukar informasi hingga merumuskan strategi kolaborasi demi penguatan agromaritim.

Direktur Riset dan Inovasi IPB University, Prof Sugeng Heri Suseno menerangkan capaian penelitian IPB University selama tahun 2023 cukup memuaskan. Pendanaan riset juga meningkat dari tahun sebelumnya, dari 91,6 miliar menjadi 95,1 miliar. IPB University juga meraih skor Sinta terbanyak dengan rasio jumlah dosen 1.519.

“Capaian ini terus didorong oleh IPB University melalui berbagai penyelenggaran seperti Innovation Expo dan berbagai skema pendanaan penelitian serta program yang akan dilaksanakan mulai 2024,” katanya.

Para dosen IPB University turut dituntut untuk memanfaatkan peluang pendanaan dan kerja sama internasional untuk berbagai fokus riset. Saat ini, Direktorat Riset dan Inovasi IPB University juga menyiapkan program akselerasi indikator kinerja utama (IKU) 5 dalam percepatan hak cipta, DRI Fokus dan launching panduan riset tahun 2024. Program-program tersebut ditempuh demi terus mendorong kinerja IPB University di bidang riset dan inovasi. (MW/Rz)