LKST Bersama Kemenkop UKM Seleksi 20 Tenant Program Peningkatan Kapasitas Startup

LKST Bersama Kemenkop UKM Seleksi 20 Tenant Program Peningkatan Kapasitas Startup

LKST Bersama Kemenkop UKM Seleksi 20 Tenant Program Peningkatan Kapasitas Startup
Berita

LKST IPB University bekerjasama dengan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) melaksanakan Seleksi Tenant Program Peningkatan Kapasitas Startup di Gedung Startup Center (GSC), Kampus IPB Taman Kencana, Bogor pada (2/5).

Christina Agustin selaku Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha – Kemenkop UKM menyampaikan program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas startup di bidang agriculture, aquaculture, green business dan inovasi teknologi lainnya yang berbasis pertanian.

“Rangkaian kegiatan program ini meliputi proses seleksi, bootcamp, coaching dan demoday yang dihadiri oleh mitra luar negeri seperti Belanda, Australia, Korea, Jepang dan Inggris. Kami berharap komunitas startup di LKST IPB University bisa mendukung program yang dijalankan oleh Kemenkop UKM saat ini,” ujarnya.

Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi dalam sambutanya menyampaikan, program kerjasama ini diharapkan bisa menjembatani startup untuk bisa scale up, unggul dan terus berinovasi serta bisa membawa nama IPB University baik di kancah nasional atau internasional.

“Maka dari itu startup terpilih harus bisa meningkatkan kemampuan diri sehingga bisa mengembangkan jejaring dengan mitra bisnis di luar negeri,” lanjut Prof Erika.

Sementara Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM, Ir Siti Azizah dalam sambutannya, menyampaikan rangkaian program peningkatan kapasitas startup ini, tidak hanya bermuara kepada Demo Day saja, namun nantinya akan dikoneksikan dengan pembiayaan melalui Entrepreneur Finansial Fiesta serta Entrepreneur Hub yang merupakan program Unggulan dari Kedeputian Bidang Kewirausahaan.

“Tidak hanya program di lingkungan Kementerian Koperasi UKM, namun kita juga telah menjajaki ke beberapa negara untuk nantinya dapat dikoneksikan baik dari akses pembiayaan, kerjasama dan pemasaran dengan para Startup sehingga harapannya startup dapat terus berkembang dan go internasional,” ujar Siti Azizah.

Asisten Bidang Inkubator Bisnis LKST IPB University, Deva Primadia Almada, melaporkan, sebanyak 39 calon tenant mendaftar untuk mengikuti kegiatan seleksi.

“Calon tenant berasal dari startup alumni IPB University dan masyarakat umum yang merupakan binaan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Bogor dengan bidang usaha meliputi pangan, pertanian, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), jasa dan industri kreatif. Pada program Peningkatan Kapasitas Startup tahun 2024 akan dipilih sebanyak 20 startup peserta program,” lanjut Deva. (stpipb/Lp)