Ini Cara FMSC IPB University Kenalkan Peran Generasi Milenial dalam Perhutanan Sosial

Ini Cara FMSC IPB University Kenalkan Peran Generasi Milenial dalam Perhutanan Sosial

ini-cara-fmsc-ipb-university-kenalkan-peran-generasi-milenial-dalam-perhutanan-sosial-news
Student Insight

Forest Management Students’ Club (FMSC) menyelenggarakan acara NEST (National Environomic and Social Talk). NEST adalah salah satu program rutin yang digelar oleh FMSC IPB University. Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan dengan nama Seminar Nasional Manajemen Hutan di tahun 2017 dan 2018.

Rangkaian kegiatan NEST meliputi ekspedisi nasional, lomba esai dan seminar nasional. Pada seminar nasional ini disampaikan laporan hasil ekspedisi yang dilakukan oleh Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB University. Seminar nasional yang digelar pada Jumat (28/11) itu bertempat di Ruang Rimbawan IIIB, Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta. Tema yang dibahas pada seminar ini adalah Kolaborasi para Pihak dalam Penguatan Usaha Perhutanan Sosial di Kawasan Penguasaan Hutan.

Seminar nasional ini dihadiri oleh Fajar Sumantri dari Konsorsium Kotaagung Utara, Ahmad Sudarwan dari Hutan Kemasyarakatan (HKm) Tanggamus, Warsito dari Rumah Kolaborasi, dan Diki Setiadi dari Tim Ekspedisi Manajemen Hutan 2019. Pada kesempatan kali ini tim ekspedisi menyampaikan hasil ekspedisi tentang strategi dan tantangan pengelolaan hutan kemasyarakatan yang ada di kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kegiatan ekspedisi tersebut berlangsung pada 31 Juli sampai 8 Agustus lalu.

Sementara itu, lomba esai diikuti oleh 33 tim yang berasal dari tujuh provinsi di Indonesia. Tema lomba esai kali ini adalah “Peran Generasi Milenial dalam Pembangunan Perhutanan Sosial”. Tim yang diundang untuk mengikuti final sebanyak 12 tim yang dimenangkan oleh Universitas Brawijaya sebagai juara 1, IPB University sebagai juara 2 dan juara 3. (*/RA)

keyword: mahasiswa IPB, FMSC IPB, NEST IPB, perhutanan sosial