Dosen Sekolah Vokasi IPB University Gagas Koperasi Berbasis Syariah di Neglasari

Dosen Sekolah Vokasi IPB University Gagas Koperasi Berbasis Syariah di Neglasari

dosen-sekolah-vokasi-ipb-university-gagas-koperasi-berbasis-syariah-di-neglasari-news
Berita

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University mengirimkan dua dosen dari Sekolah Vokasi Program Studi Manajemen Agribisnis dan seorang fasilitator untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di desa lingkar kampus IPB University. Melalui program Dosen Mengabdi, Dr Ir Anita Ristianingrum, MSi dan Dr Ir Dahri Tanjung, MSi  didampingi fasilitator LPPM yaitu Tika Mazda, SKPm, melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mereka melakukan sosialisasi dan pemberian literasi mengenai strategi pemasaran produk dan sumber pembiayaan modal kepada kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Neglasari. Kegiatan ini dihadiri puluhan warga desa yang berasal dari beberapa kelompok usaha dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Bahkan, terdapat beberapa peserta yang berasal dari warga desa yang bersebelahan dengan desa Neglasari.

Berdasarkan data hasil wawancara mendalam (in-depth interview) yang dilakukan fasilitator LPPM kepada beberapa masyarakat desa. Ditemukan potensi pengembangan produk lokal milik warga setempat yaitu usaha keripik pisang, keripik singkong, kerajinan tangan dari bahan perca dan produk lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Posdaya Sabilulungan Desa Neglasari, Onasih menambahkan bahwa potensi yang terdapat di desa Neglasari juga diikuti dengan munculnya permasalahan terkait kegiatan off-farm.

“Sebagian besar warga Neglasari melakukan kegiatan usaha seperti warung, membuat keripik dan kerajinan tangan. Tapi warga paling jual produknya ke warung karena produknya belum ada label dan belum punya target pasar juga,” ujar Onasih.

Onasih berharap kegiatan Dosen Mengabdi ini dapat membawa semangat baru untuk menjadikan Desa Neglasari dan warganya menjadi kampung wirausaha dengan berbagai jenis produk unggulan desa, sehingga masyarakat dapat mandiri dan terjadi peningkatan perekonomian bagi warga desa.

Kegiatan ini terdiri dari dua sesi penyampaian materi. Sesi materi pertama disampaikan oleh Dr Ir Dahri Tanjung dengan judul materi yaitu Pintar-Pintar Memilih Sumber Pembiayaan Usaha UMKM. Pada penyampaian materi tersebut, warga sangat antusias mengajukan beberapa pertanyaan terkait strategi memilih sumber pembiayaan usaha mereka.

Menurut salah satu peserta, Sri membenarkan bahwa sebagian besar warga Neglasari melakukan pinjaman untuk modal usaha dari lembaga pinjaman yang mengatasnamakan sebagai koperasi. Akan tetapi bunga pinjaman yang diberikan seringkali tidak sesuai.
Untuk itu Dr Dahri menghimbau warga desa Neglasari untuk selektif memilih lembaga yang menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang instan dan cepat karena dikhawatirkan warga akan terjerumus dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami dan tim siap membina apabila masyarakat Neglasari ingin membentuk koperasi syariah. Saya juga berharap kegiatan pengabdian seperti hari ini bisa berlanjut seterusnya, jika perlu mahasiswa IPB University juga perlu ikut terlibat,” tutur Dr Dahri.

Sesi kedua yaitu penyampaian materi strategi pemasaran produk UMKM oleh Dr Ir Anita Ristianingrum, MSi. Menurut Ketua Program Studi Manajemen Agribisnis ini, strategi pemasaran suatu produk UMKM dapat dilakukan dengan menentukan keunggulan produk, harga pasaran, target pasar dan melakukan kegiatan promosi produk.

“Kami akan mengadakan pelatihan membuat label atau merk produk lokal yang diusahakan kelompok masyarakat desa. Memang kegiatan seperti ini tidak hanya dengan penyampaian materi saja, akan tetapi harus disertakan praktiknya juga. Tim Dosen dan mahasiwa dari prodi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi IPB University siap membantu masyarakat untuk kegiatan-kegiatan praktik yang sekiranya dibutuhkan,” jelasnya. (**/Zul)

Keyword: Koperasi Syariah, Desa Neglasari, Dosen Mengabdi, LPPM IPB University