Siapkan Karier Pasca Kampus, IPB dan BNI Gelar Roadshow Rookie 2.0

Siapkan Karier Pasca Kampus, IPB dan BNI Gelar Roadshow Rookie 2.0

siapkan-karier-pasca-kampus-ipb-dan-bni-gelar-roadshow-rookie-2-0-news
Berita

Bank Negara Indonesia (BNI) 46 bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan roadshow Rookie 46 angkatan kedua bertempat di pelataran Kantin Sapta Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Kampus IPB Dramaga, Rabu (11/04). Rookie 46 merupakan program rekruitmen pegawai Bank BNI yang diadakan setiap tahun untuk posisi minimal manager setelah dua tahun bekerja. Program ini menjadi program unggulan yang dinanti oleh fresh graduate dikarenakan tidak adanya ikatan dinas yang berlaku.

Hal ini merupakan salah satu terobosan baru karena hingga saat ini program Rookie 46 menjadi pionir rekrutmen pegawai dengan sistem rookie dan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengaplikasikan metode ini ialah BNI.

“Saat ini program Rookie 46 telah memasuki angkatan yang kedua. Jika dahulu proses seleksinya berupa seleksi fisik dengan simulasi camp di Kopassus, untuk tahun ini kita semakin berinovasi untuk mencari rookie terbaik dengan seleksi berupa kompetisi bisnis. Intinya, kami mencari para pemimpin muda terbaik lewat jalur rookie ini,” ujar Aldo Bimantoro selaku Recruitment Manager BNI.

Ia juga menyampaikan bahwa program ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang lolos dikarenakan insentif yang diberikan sangat menggiurkan. Antara lain dana apresiasi sebesar 50 juta, jalan-jalan keluar negeri dan kontrak bersama BNI 46. Setelah menjadi pegawai pun, para rookie terpilih ini akan mendapatkan fasilitas yang layak, pengalaman kerja profesional dan kenaikan pangkat manager hanya dalam waktu dua tahun.

Syarat yang diperlukan untuk mendaftar Rookie 2.0 juga tidak terlalu sulit, yaitu cukup dengan lulusan minimal S1, rajin berorganisasi saat di kampus serta mengikuti berbagai kompetisi selama periode kuliah telah dianggap memenuhi syarat. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), batasan usia dan jurusan saat kuliah tidak menjadi pertimbangan tim seleksi rookie 46 ini.

“Pada tahun ini, seleksi tahap paling awal ialah dengan seleksi video terkait alasan mengapa peserta pantas untuk dipertimbangkan lolos tahap berikutnya. Hal ini menjadi tantangan peserta bagaimana mereka dapat meyakinkan tim seleksi bahwa mereka memang layak untuk dipilih. Setelah itu, tahap kedua ialah kompetisi bisnis. Kami tidak memiliki kuota tertentu untuk program rookie ini, selama semuanya baik dan memenuhi syarat akan kami terima,” ujar Aldo yang juga merupakan alumni Teknologi Industri Pertanian (TIN) IPB angkatan 45 ini.

Aldo berharap adanya roadshow Rookie 46 ke IPB ini dapat menumbuhkan rasa kesadaran mahasiswa IPB terkait perencanaan karir ke depannya. Bagi mahasiswa yang belum lulus tentu dapat lebih mempersiapkan diri dengan lebih baik.

“Mahasiswa IPB punya kecenderungan terlalu low profile ketika melamar kerja. Hal ini membuat potensi dan kemampuan baik yang dimiliki menjadi tidak terlalu menonjol. Jadi, pesan saya teman-teman harus bangga jadi lulusan IPB dan manfaatkan kesempatan dengan sangat baik, salah satunya dengan mengikuti seleksi Rookie 46 ini,” tutupnya. (fifi/Zul)