IPB University Menjadi Host Temu Nasional Jaringan Penjaminan Mutu PTNBH

IPB University Menjadi Host Temu Nasional Jaringan Penjaminan Mutu PTNBH

IPB University Menjadi Host Temu Nasional Jaringan Penjaminan Mutu PTNBH
Berita

IPB University dipercaya menjadi host acara Temu Nasional Ke-3 Jaringan Penjaminan Mutu (JPM) Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH) tahun 2024. Acara dilaksanakan di IPB International Convention Center (23-24/4) dan dihadiri 19 Lembaga Penjaminan Mutu PTNBH seluruh Indonesia.

Dr I Wayan Nurjaya, Kepala Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB University menyampaikan, Temu Nasional Ke-3 JPM PTNBH ini dapat menjadi wadah untuk koordinasi, media diskusi dan sharing pengalaman dan implementasi peraturan serta kebijakan baru yang ditetapkan pemerintah yang berkaitan dengan penjaminan mutu.

“Temu Nasional ini merupakan tindak lanjut dari keputusan rapat JPM PTNBH II di Universitas Hasanuddin Makassar untuk mendapat pencerahan terhadap berbagai persoalan penjaminan mutu PTNBH. Kami, KMM IPB University mendapat mandat untuk mengundang narasumber dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ucapnya..

Acara ini, lanjut dia, merupakan yang ketiga setelah dilakukan sebelumnya di Institut Teknologi Bandung dan di Universitas Hasanuddin Makassar.

Sekretaris Institut (SI) IPB University, Prof Agus Purwito ketika membuka acara menyampaikan pertemuan ini penting bagi peserta para pelaku penjamin mutu perguruan tinggi. Hal itu mengingat banyaknya pertanyaan atas kebijakan baru terkait penjaminan mutu yang bisa dijelaskan oleh narasumber.

Narasumber yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof Ari Purbayanto dan Anggota Dewan Eksekutif BAN PT, Prof Slamet Wahyudi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para tim penjaminan mutu perguruan tinggi yang sangat berperan penting mengawal mutu perguruan tinggi, serta melaksanakan proses Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara terus-menerus,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi tim penjaminan mutu atas semangatnya dalam melaksanakan akreditasi dan sertifikasi, meningkatkan akreditasi menjadi akreditasi internasional. Bahkan hingga mengawal kelengkapan Pangkalan Data Dikti serta menyelenggarakan evaluasi belajar mengajar agar mutu berjalan baik.

“Acara ini merupakan kesempatan baik untuk menggali informasi terkait berbagai kebijakan terbaru dari narasumber yang merupakan Direktur Dewan Eksekutif BAN PT dan Anggota Dewan Eksekutif BAN PT agar dapat memudahkan untuk pelaksanaan penjaminan mutu,” tambahnya

Prof Ari Purbayanto dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa PTNBH sebagai leading university di Indonesia sudah seharusnya memberikan teladan yang baik. Baginya, perubahan kebijakan adalah sesuatu yang biasa. Mengumpulkan jaringan PTNBH dalam hal penjaminan mutu akan memberikan pelajaran yang baik. Dalam arti lain, para peserta tidak ingin tertinggal dalam perubahan aturan.

“Koordinasi itu penting, perubahan aturan seharusnya tidak menjadikan semangat surut, PTN-BH harus menunjukan leadingnya dalam hal quality culture yang unggul,” tegas sosok Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University ini.

Prof Ari juga mengatakan, masih banyak perguruan tinggi yang menganut asas minimalis. Karena itu, ia menyebutkan, “Ini yang harus didorong dan diberikan contoh oleh PTNBH agar mereka ikut terus meningkatkan mutu.”

“Semangat PTNBH harus tetap dijaga agar mampu menularkan budaya mutu ke perguruan tinggi lain. Semangat itu diaplikasikan untuk seluruh civitas dengan memiliki quality culture yang baik,” ucapnya. (dh/Rz)