Ini Rute Lengkap ke Kampus IPB University, Jangan Sampai Telat UTBK Karena Salah Estimasi Waktu!

Ini Rute Lengkap ke Kampus IPB University, Jangan Sampai Telat UTBK Karena Salah Estimasi Waktu!

Ini Rute Lengkap ke Kampus IPB University, Jangan Sampai Telat UTBK Karena Salah Estimasi Waktu!
Berita

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tinggal menghitung hari. Segala hal yang sudah dipersiapkan, jangan sampai buyar karena kesalahan mempertimbangkan estimasi waktu jarak tempuh ke lokasi hingga berujung terlambat bahkan gagal mengikuti ujian.

Masih bingung bagaimana rute menuju kampus IPB University? Berikut adalah informasi rute menuju kampus IPB University menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi.

IPB University sendiri memiliki beberapa lokasi kampus. Untuk tahun ini, ada tiga kampus yang menjadi lokasi pelaksanaan UTBK: Kampus Dramaga, Kampus Sekolah Vokasi dan Kampus Sekolah Bisnis.

Rute Menuju Kampus IPB Dramaga
Kampus IPB Dramaga berlokasi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Jika pelaksanaan UTBK-mu di kampus ini, kamu harus menyiapkan waktu lebih karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota.

Merupakan kampus utama, akses masuk ke Kampus IPB Dramaga dapat melalui dua pintu, yaitu pintu masuk utama yang berada di depan dan pintu belakang. Di sini terdapat fasilitas bus kampus yang kamu gunakan untuk menuju lokasi UTBK.

Menggunakan Kendaraan Pribadi
1. Dari Arah Jagorawi
Jika kamu datang dari arah tol Jagorawi, masuk ke jalan tol Lingkar Luar Bogor dan keluar di Jalan Soleh Iskandar. Setelah turun dari jalan layang, ambil lajur paling kiri untuk memasuki Jalan Abdullah Bin Nuh. Lurus saja sampai ke ujung jalan. Saat menemui pertigaan, beloklah ke kanan memasuki Jalan Raya Dramaga. Ikuti saja jalan ini sejauh kurang lebih 10 kilometer dan kamu akan menemukan Kampus IPB di sebelah kanan.

2. Melewati Tengah Kota
Rute yang harus kamu lewati adalah Jalan Pajajaran – Jalan Jalak Harupat – Jalan Jukamu – Jalan Kapten Muslihat – Jalan Veteran – Jalan Gunung Batu – Jalan Raya Dramaga. Kampus IPB Dramaga akan berada di kanan kamu.

3. Dari Arah Parung
Jika dari arah Parung, kamu harus belok ke arah Jalan Semplak sampai bertemu perempatan lampu merah yang merupakan persimpangan dengan Jalan Abdullah bin Nuh. Selebihnya sama seperti rute dari arah Jagorawi.

Untuk menghindari kemacetan di Jalan Raya Dramaga, kamu dapat memilih untuk masuk melalui pintu belakang IPB dengan melewati jalan alternatif, yaitu via Cifor dan Situ Gede.

Transportasi Umum
1. Terminal Baranangsiang
Jika kamu berangkat dari Terminal Baranangsiang, kamu dapat menggunakan angkot berwarna hijau muda dengan nomor trayek 03/02 tujuan Baranangsiang – Bubulak/Laladon. Ambil pemberhentian terakhir di Terminal Bubulak/Laladon, setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot nomor 05 berwarna biru yang menuju ke Ciampea/Leuwiliang hingga sampai ke IPB University.

Alternatifnya, jika kamu ingin menggunakan layanan BisKita, kamu dapat menaiki bus langsung di Halte Terminal Baranangsiang dan turun di Halte Bubulak dengan biaya Rp4.500 menggunakan e-wallet. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot nomor 05 berwarna biru yang menuju ke Ciampea/Leuwiliang hingga sampai ke IPB University.

2. Stasiun Bogor
Jika kamu menggunakan KRL dan turun di Stasiun Bogor, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot warna hijau muda nomor trayek 03/02 jurusan Baranangsiang – Bubulak/Laladon. Kemudian, kamu dapat turun di Terminal Bubulak/Laladon. Selanjutnya, naiklah angkot nomor 05 berwarna biru dengan rute Ciampea/Leuwiliang. Angkot ini akan melintasi kampus IPB Dramaga, dan kamu bisa turun tepat di seberang kampus.

Alternatifnya, jika kamu ingin menggunakan layanan BisKita, kamu dapat menunggu di Halte Taman Topi atau Halte Stasiun Bogor dan kemudian berhenti di Halte BisKita Bubulak dengan biaya Rp. 4.500 menggunakan e-wallet. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot nomor 05 berwarna biru yang menuju ke Kampus Dalam/Ciampea/Leuwiliang hingga sampai ke IPB University.

Rute menuju Kampus Sekolah Bisnis IPB
Sekolah Bisnis IPB University berlokasi di Jl. Raya Pajajaran, RT.03/RW.06, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Berikut adalah rute menuju Sekolah Bisnis IPB dari berbagai titik.

1. Terminal Bubulak
Jika kamu berangkat dari Terminal Bubulak, kamu dapat menggunakan layanan BisKita K1 kemudian turun di Halte IPB MM dengan biaya Rp4.500 menggunakan e-wallet. Selain itu, bisa juga menggunakan angkot nomor 03 berwarna hijau muda dengan tujuan Cimahpar – Bogor Trade Mall dan turun di Jl. Raya Pajajaran. Angkot ini akan melintasi Sekolah Bisnis IPB dan kamu bisa turun tepat di seberang kampus.

3. Terminal Baranangsiang
Jika kamu berangkat dari Terminal Baranangsiang, kamu dapat menggunakan angkot nomor 09 berwarna hijau muda dengan tujuan Baranangsiang – Pasar Baru Bogor dan berhenti di Jl. Raya Pajajaran. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki sebentar untuk sampai ke Sekolah Bisnis IPB.

Alternatifnya, jika kamu ingin menggunakan layanan BisKita, kamu dapat menunggu di Halte Trans Pakuan Cidangiang kemudian naik Bis K1 dan turun di Halte IPB MM dengan biaya Rp4.500 menggunakan tapcash.

2. Stasiun Bogor
Jika kamu menggunakan KRL dan turun di Stasiun Bogor, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot warna hijau muda jurusan Taman Pajajaran – Terminal Merdeka dan turun di Jl. Raya Pajajaran. Angkot ini akan melintasi Sekolah Bisnis IPB, dan kamu bisa turun tepat di seberang kampus.

Rute menuju Kampus Sekolah Vokasi IPB Cilibende
IPB Cilibende berlokasi di Jl. Kumbang No.14, RT.02/RW.06, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Berikut adalah rute menuju IPB Cilibende dari berbagai titik.

1. Terminal Bubulak
Jika kamu berangkat dari Terminal Bubulak, kamu dapat menggunakan BisKita K1 kemudian turun di Halte IPB MM dengan biaya Rp4.500 menggunakan tapcash. Selain itu bisa juga menggunakan angkot nomor 03 berwarna hijau muda dengan tujuan Cimahpar – Bogor Trade Mall dan turun di Jl. Kumbang. Kemudian kamu harus berjalan sebentar untuk sampai ke Kampus Vokasi IPB Cilibende.

3. Terminal Baranangsiang
Jika kamu berangkat dari Terminal Baranangsiang, kamu dapat menggunakan angkot nomor 09 berwarna hijau muda dengan tujuan Baranangsiang – Pasar Baru Bogor dan berhenti di Jl. Kumbang. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki sebentar untuk sampai ke Kampus Vokasi IPB Cilibende.

Alternatifnya, jika kamu ingin menggunakan layanan BisKita, kamu dapat menunggu di Halte Cidangiang kemudian naik BisKita K1 dan turun di Halte IPB MM dengan biaya Rp4.500 menggunakan e-wallet.

2. Stasiun Bogor
Jika kamu menggunakan KRL dan turun di Stasiun Bogor, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot warna hijau muda jurusan Taman Pajajaran – Terminal Merdeka dan turun di Jl. Kumbang. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki sebentar untuk sampai ke IPB Cilibende.

Itulah rute lengkap menuju ketiga lokasi UTBK di kampus IPB University. Sebaiknya, kamu sudah melakukan survei lokasi agar bisa memastikan ruangan ujianmu sebelum hari pelaksanaan. Aktifkan Gmap untuk mendapatkan gambaran dinamika perjalananmu menuju lokasi ujian.