IPB Tingkatkan Akreditasi Internasional Program Studi

IPB Tingkatkan Akreditasi Internasional Program Studi

ipb-tingkatkan-akreditasi-internasional-program-studi-news
Berita

Departemen Arsitektur Lanskap (ARL), Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan visitasi Akreditasi Internasional di lingkungan Program Studi S1 Arsitektur Lanskap oleh International Federation of Landscape Architect – Asia Pacific Region (IFLA-APR). Visitasi ini digelar di Ruang Rektor Kampus IPB Dramaga Bogor, (9/4).

Ketua Departemen Arsitektur Lanskap, Dr Ir Afra DN Makalew, MSc menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meninjau apakah program studi S1 Arsitektur Lanskap telah memenuhi standar internasional dalam melayani kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini untuk mendukung IPB sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Departemen ARL Faperta IPB, karena standar pendidikan kita nantinya sudah dapat disetarakan dengan standar internasional khususnya standar IFLA-APR,” tuturnya.

Program studi Arsitektur Lanskap adalah program studi yang diunggulkan di IPB karena memiliki kompetensi tersendiri. Untuk itu IPB terus melakukan berbagai transformasi menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional, diantaranya dengan mendorong dan memfasilitasi program studi yang telah menerapkan sistem penjaminan mutu dengan baik untuk mengajukan akreditasi internasional ke lembaga akreditasi yang sesuai.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria sangat  menyambut  baik dari kunjungan dari asesor IFLA-APR. “Saya harap kegiatan ini berjalan sukses dan lancar, sehingga memberikan kontribusi positif bagi IPB di dunia internasional. Selain itu,  kedatangan para assessor dari berbagai institusi ini dapat membuka peluang double degree dan kerjasama lainnya untuk kemajuan IPB,” kata Rektor.

Badan yang menilai program studi S1 Arsitektur Lanskap ini adalah IFLA-APR yang merupakan organisasi arsitek lanskap di level Asia Pasifik. Adapun asesor terdiri dari satu orang asesor luar negeri yakni Mike Barthelmeh dari School of Landscape Architecture – Lincoln University New Zealand, disertai dua asesor dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) , yakni Dr. Budi Faisal dari ITB dan Dr. Rustam Hakim dari Universitas Trisakti.

Adapun pejabat IPB yang hadir dalam visitasi ini adalah Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi, MS, dan dosen-dosen ARL Faperta IPB. (Awl/Zul)