Siapkan Tani Center, IPB Tingkatkan Konstribusi kepada Bangsa

Siapkan Tani Center, IPB Tingkatkan Konstribusi kepada Bangsa

siapkan-tani-center-ipb-tingkatkan-konstribusi-kepada-bangsa-news
Berita

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dirasa lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraan transfer inovasi pertanian. Untuk itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) membentuk satu unit organisasi baru yaitu Tani Center. Tani Center adalah organisasi yang akan berperan penting dalam memberikan pelayanan informasi kepada petani, peternak, nelayan dan pembudidaya ikan di Indonesia. 
“Tani Center adalah bagian dari upaya IPB untuk terus meningkatkan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa ini,” ujar Rektor IPB, Dr. Arif Satria saat melantik 84 Pejabat Baru di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor (1/2).

Tani Center didirikan guna meningkatkan akses informasi dari peneliti sehingga proses transformasi ilmu ke petani menjadi update. Tani Center menjadi media komunikasi inovasi baru IPB kepada petani. Tani Center memanfaatkan jaringan internet, komunikasi melalui komputer dan multimedia interaktif digital untuk menjembatani proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru di bidang pertanian secara cepat.
“Tani Center bisa memberikan pelayanan secara offline dan online buat para petani yang ada di Indonesia. Petani bisa semakin tercerahkan dengan inovasi-inovasi IPB. Tani Center bukan upaya semata-mata one way atau satu arah hanya antara IPB ke petani akan tetapi juga membutuhkan input-input informasi dari petani. Sehingga temuan-temuan yang dibuat IPB untuk petani bisa didiseminasikan ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Tani Center juga akan memanfaatkan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dalam layanannya. Kecerdasan buatan dapat mengefisienkan peran dari para expert karena sudah diakomodasi oleh kecerdasan buatan. 
“Para expert dapat berperan dalam hal pengelolaan big data sehingga dengan data yang dihimpun kita bisa memberikan saran-saran kepada para petani di Indonesia. Ini adalah bagian kita untuk terus meningkatkan kontribusi untuk masyarakat juga bangsa,” ucapnya.(dh/Zul)