Kembangkan Pengetahuan dan Minat Karier, Mahasiswa IPB University Adakan Kegiatan Aquaboost

Kembangkan Pengetahuan dan Minat Karier, Mahasiswa IPB University Adakan Kegiatan Aquaboost

Kembangkan Pengetahuan dan Minat Karier, Mahasiswa IPB University Adakan Kegiatan Aquaboost
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan (FPIK) IPB University pada 28/4 mengadakan Aquaboost Seminar dan Job Fair yang bertemakan Dive Into Success. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan minat karier mahasiswa dan juga trik dalam membangun karier yang baik.

Aquaboost menghadirkan dua narasumber yang dapat membantu meningkatkan nilai diri pada pengembangan karier yaitu, Habibul Fuadi Hanif, Senior consultant at Twimbit (ex. Deloitte, Shopee, Danone) dan juga Dr Joni Haryadi, Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP).

Habibul Fuadi memberikan insight pengetahuan mengenai akademi karier seperti curriculum vitae, resume dan tips interview saat melamar pekerjaan. “Sebelum melamar pekerjaan sebaiknya kita lakukan research terlebih dulu mengenai informasi profil perusahaan, kapan berdirinya dan mencocokan value yang kita miliki dengan value perusahaan agar mereka dapat melihat bahwa kita mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Habibul menekankan, pentingnya mempunyai pengalaman magang, karena pengetahuan yang dipelajari selama kuliah dan pengalaman magang di lapangan secara langsung mempunyai masalah yang berbeda. Oleh karena itu aktif magang selama menjadi mahasiswa salah satu kunci penting untuk bisa berkareir dengan baik.

Kegiatan Aquaboost ini mendapatkan respon aktif dari peserta. Salah satu peserta bernama Daniel, mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) bertanya, “Saya bermasalah dalam interview, saya selalu merasa gugup saat interview bagaimana cara saya untuk bisa berbicara dengan tidak gugup?,” tanya Daniel.

“Ambil semua kesempatan dalam berbicara, bisa dalam kegiatan perkuliahan di kampus, organisasi, bisa juga dengan memperbanyak relasi pertemanan karena dengan memperbanyak relasi pertemanan kita bisa mengetahui dan bisa menyesuaikan dengan berbagai karakter orang untuk berbicara,” jawab Habibul.

Narasumber lainnya, Dr Joni Haryadi, memberikan wawasan mendalam mengenai prospek kerja dan karier di bidang akuakultur. Dr Joni memberikan pandangannya tentang kesuksesan. “Sukses adalah pencapaian yang tidak hanya membuat kita bahagia secara ekonomi, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain,” tuturnya.

Ia menyoroti pertumbuhan potensial akuakultur dan konsumsi ikan yang terus meningkat, dengan menjelaskan bahwa komponen-komponen seperti air, energi, dan pakan saling berkaitan dan menjadi kunci dalam kegiatan budidaya.

“Kita harus terus membangun soft skill dan hard skill dalam perjalanan karier, terutama dalam menjalankan bisnis, karena penting untuk bertindak cepat tanpa terlalu banyak berpikir. Kita juga harus mendedikasi diri kita dengan menunjukkan cinta pada budidaya dengan sepenuh hati,” tutup Dr Joni. (*/Lp)