Terbesar se-Asia Tenggara, RSHP IPB University Buka Fasilitas Penitipan Hewan Peliharaan di Hari Raya

Terbesar se-Asia Tenggara, RSHP IPB University Buka Fasilitas Penitipan Hewan Peliharaan di Hari Raya

Terbesar se-Asia Tenggara, RSHP IPB University Buka Fasilitas Penitipan Hewan Peliharaan di Hari Raya
Berita

Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) milik Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University membuka fasilitas penitipan sehat hewan peliharaan pada saat hari raya. Fasilitas tersebut merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

“RSHP ini memiliki fasilitas yang luas dengan kapasitas kandang yang banyak. Selain itu, fasilitas ini dilengkapi tempat bermain untuk hewan peliharaan. Hal itu yang menjadi keunggulan RSHP kami dibandingkan dengan klinik hewan pada umumnya,” ucap Prof Gunanti, Direktur RSHP IPB University di Kampus IPB Dramaga, pada 4/3.

Prof Gunarti menambahkan, karena memiliki fasilitas yang luas hewan yang dititipkan di RSHP bisa berjalan jalan di taman setiap pagi sore yang didampingi oleh paramedik agar hewan peliharaan tidak stress, sehingga diharapkan selera makannya bagus. Selain itu banyak jenis hewan yang dapat dititipkan diantaranya yakni anjing, kucing, kelinci, kura-kura, iguana, kuda, sapi, domba, kambing hingga babi.

Terkait ketentuan dalam menitipkan hewan peliharaan, Drh Leni Maylina, Asisten Direktur bidang Informasi dan Pengembangan RSHP IPB University menyampaikan bahwa hewan harus dalam keadaan sehat, sudah melakukan vaksinasi minimal vaksin pertama.

“Hewan wajib diberikan obat kutu dan obat cacing sebelum masuk rawat inap minimal satu bulan terakhir. Hewan juga harus bersedia dilakukan treatment apabila ditemukan sakit saat pemeriksaan dan selama boarding,” ujar Drh Leni.

Lanjutnya, fasilitas yang diberikan meliputi kandang masing-masing hewan, tempat makan dan minum terpisah, mendapatkan pakan kering dan basah atau diperbolehkan membawa pakan sendiri dan dalam pengawasan dokter hewan.

“Kapasitas kandang untuk kucing bisa mencapai 100 kandang, anjing sebanyak 50 kandang, kuda sebanyak 10 kandang dan sapi 6 kandang. Ada pula kandang untuk kura kura dan iguana.

Ia menambahkan, apabila menitipkan hewan peliharaan yang sehat saat lebaran lebih dari dua minggu maka akan mendapat free grooming untuk anjing dan kucing. “Biasanya konsumen atau masyarakat yang menitipkan hewan peliharaannya berasal dari wilayah Jabodetabek dan ada juga yang dari Bandung,” ungkap Drh Leni.

Harianto, salah seorang yang menitipkan hewan peliharaan anjing kesayangannya menyampaikan bahwa ia merasa puas dengan pelayanan di RSHP IPB University. “Anjing saya sejak hari senin sakit dan dirujuk dari klinik ke RSHP, setelah satu hari mendapatkan perawatan, anjingnya sudah terlihat sehat dan setelah tiga hari sudah bisa kembali pulang,” ungkap Harianto. (dh/Lp)