Siap Siaga Selama UTBK-SNBT, Kepala Unit Kesehatan IPB University Beri Pesan Ini untuk Peserta

Siap Siaga Selama UTBK-SNBT, Kepala Unit Kesehatan IPB University Beri Pesan Ini untuk Peserta

Siap Siaga Selama UTBK-SNBT, Kepala Unit Kesehatan IPB University Beri Pesan Ini untuk Peserta
Berita

Sebagai salah satu pusat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK- SNBT) tahun 2024, IPB University menyiapkan berbagai persiapan guna kelancaran pelaksanaan ujian. Salah satu yang tak luput dari perhatian IPB University adalah aspek kesehatan.

Kepala Unit Kesehatan IPB University, drg Titik Nurhayati menjelaskan, persiapan yang telah dilakukan adalah penunjukan person in charge (PIC) dokter dan perawat yang akan bertugas khusus menangani kasus-kasus yang mungkin terjadi selama UTBK berlangsung.

“Petugas medis ditunjuk untuk tiap sesi. Jumlah petugasnya tiga dokter dan tiga perawat untuk masing-masing sesi disertai dua ambulans yang selalu stand by untuk transportasi pasien jika diperlukan, baik evakuasi ke Klinik IPB atau rujukan ke rumah sakit jika kasus tidak bisa ditangani di klinik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, IPB University telah mempersiapkan fasilitas obat-obatan yang lengkap. Hal ini bertujuan untuk memberikan perawatan yang optimal bagi peserta yang mengalami gangguan kesehatan selama pelaksanaan ujian.

“Untuk fasilitas ambulans diletakkan pada dua titik penting yaitu Klinik IPB Dramaga dan Sekolah Vokasi. Patroli dilakukan pagi hari dan siang hari di awal masing masing sesi. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan di lokasi yang menjadi tanggung jawab masing-masing, ambulans akan segera meluncur,” imbuh drg Titik.

Bagi peserta ujian, drg Titik juga berpesan agar mempersiapkan kondisi kesehatan diri. Sebagai peserta UTBK-SNBT 2024, persiapan kesehatan juga merupakan kunci utama untuk meraih hasil yang optimal.

“Harapan saya, karena UTBK ini adalah hal yang paling ditunggu dan pasti peserta sudah mempersiapkan ilmu untuk menghadapi ujian, tentunya peserta juga harus mempersiapkan kesehatan fisik agar ujian semakin lancar,” ujarnya.

Peserta disarankan untuk tidur yang cukup selama 7-9 jam pada malam hari sebelum mengikuti ujian. drg Titik juga menyebutkan pentingnya minum air putih dan konsumsi makanan yang bersih dan sehat sebagai upaya mencegah gangguan pencernaan dan gangguan pernafasan.

Dengan persiapan kesehatan yang matang dan dukungan penuh dari Unit Kesehatan IPB University, diharapkan peserta UTBK-SNBT 2024 dapat menghadapi ujian dengan percaya diri dan meraih hasil yang memuaskan. “IPB University berkomitmen untuk memastikan kesejahteraan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan dan evaluasi ini,” tandasnya. (Rani/Rz)