Prodi TMP Sekolah Vokasi IPB University Perkuat Kerja Sama dengan PT Minamas Gemilang, Sime Darby

Prodi TMP Sekolah Vokasi IPB University Perkuat Kerja Sama dengan PT Minamas Gemilang, Sime Darby

Prodi TMP Sekolah Vokasi IPB University Perkuat Kerja Sama dengan PT Minamas Gemilang, Sime Darby
Berita

Program studi (prodi) Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan (TMP) Sekolah Vokasi (SV) IPB University sejak lama telah bekerja sama dengan PT Minamas Gemilang, Sime Darby, melalui Minamas Scholarship yaitu dari tahun 2010-2018. Pada 16/4 bertempat di kampus Sekolah Vokasi IPB University prodi TMP kembali perpanjang kerja sama dengan PT Minamas Gemilang.

Turut hadir perwakilan PT Minamas Gemilang yaitu Zulham Ramadhan, Manager HR-Learning & Development Minamas Plantation dan Eka Gustanto, HR-Training Centre Minamas Manggala.

“Sebelumnya, penguatan kerja sama dengan PT Minamas telah ditingkatkan melalui Building Estate Sustainability Transformational Program (BEST Program) yang bertujuan untuk menghasilkan asisten kebun kelapa sawit yang memiliki knowledge, leadership competency dan attitude yang sesuai dengan kebutuhan budaya di PT Minamas,” ungkap Ade Astri Muliasari, SP MSi, Ketua Prodi TMP.

“BEST Program merupakan metode pengembangan scholarship bagi siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK, keluarga karyawan, karyawan serta masyarakat di lingkungan sekitar perkebunan,” ujar Ade Astri.

Ia menjelaskan, kolaborasi dengan mitra industri ini merupakan jembatan yang menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia kerja yang nyata. “Melalui kemitraan ini, Prodi TMP memastikan bahwa work based kurikulum yang telah disusun sangat relevan dengan kebutuhan industri, sehingga lulusan dapat langsung berkontribusi dan beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja,” ujarnya.

“Untuk mencapai kompetensi tersebut, pembelajaran dilakukan secara dual system yaitu pembelajaran di kampus IPB Bogor dan di Training Center Manggala Riau serta Training Center Sukamandang Kalimantan Tengah, dengan instruktur staf ahli yang sesuai dengan bidang kompetensi dan materi perkuliahan,” tutur Ade Astri.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dr Ir Rina Martini, MSi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswan dan Alumni, Edi Wiraguna, PhD Sekretaris Prodi TMP, Dr Aidil Azhar, SP MSc selaku Komisi Kerja Sama, Wina Yulianti SSi MSi selaku Komisi Pendidikan serta Ratu Anna Nazla Laila, S.P., M.M., selaku Kepala Tata Usaha (KTU).

Beasiswa Best Program Minamas tahun 2024 telah dibuka melalui tautan https://bit.ly/REGISBEST2024 hingga 11 Mei 2024. Beasiswa ini mencangkup biaya pendidikan, tunjangan biaya hidup, tunjangan buku setiap semester, tunjangan proyek akhir dan wisuda, laptop, lokasi magang industri dan kesempatan berkarir di seluruh area PT Minamas Gemilang.