Ini Suasana Hari Pertama Ujian di Pusat UTBK-SNBT IPB University

Ini Suasana Hari Pertama Ujian di Pusat UTBK-SNBT IPB University

Ini Suasana Hari Pertama Ujian di Pusat UTBK-SNBT IPB University
Berita

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) di IPB University berjalan lancar. Para peserta ujian di Kampus IPB Dramaga sesi pagi terpantau sudah tiba di lokasi ujian sejak pukul 05.00 WIB. Kondisi serupa juga terlihat di lokasi ujian Kampus Sekolah Vokasi di Cilibende dan Kampus Sekolah Bisnis di Gunung Gede, Bogor.

Sebanyak 16.627 peserta akan mengikuti UTBK-SNBT tahun 2024 di IPB University. Ujian terbagi dalam dua gelombang, yakni Gelombang I pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 serta Gelombang II pada 14–17 Mei 2024.

Tahun ini, pelaksanaan UTBK-SNBT di IPB University berada di tiga lokasi, yaitu Kampus Dramaga (Kabupaten Bogor), Kampus Sekolah Vokasi Cilibende dan Kampus Sekolah Bisnis Gunung Gede (Kota Bogor).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University yang juga Ketua Pusat UTBK-SNBT IPB University, Prof Deni Noviana menyampaikan, IPB University menyediakan total 815 komputer di 28 ruangan untuk UTBK di 6 klaster fakultas dan sekolah di lingkungan IPB University. “UTBK di IPB University akan berlangsung selama 21 sesi,” ujar Prof drh Deni, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Berbeda dengan hari-hari biasa, selama masa UTBK-SNBT, IPB University juga menyiapkan 10 armada bus di Kampus Dramaga. Bus akan beroperasi menyesuaikan dengan jadwal ujian. Fasilitas bus kampus ini sarana transportasi dan mobilitas peserta ujian.

Jauh sebelum hari pelaksanaan, panitia UTBK-SNBT IPB University juga telah memasang denah dan petunjuk arah menuju tiap lokasi ruangan ujian. Hal ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam menemukan lokasi ruangan.

Satu hal menarik dalam penyelenggaraan UTBK-SNBT di IPB University tahun ini adalah adanya program Museum Tour dan Keliling Kampus Dramaga. Para orang tua yang menunggu anak-anaknya mengikuti ujian diajak untuk menjelajahi Museum dan Galeri IPB Future sambil menikmati beragam spot menarik di Kampus IPB Dramaga. (Rz)