Dua Alumni Sukses IPB University Diundang Untuk Bekali Para Calon Wisudawan

Dua Alumni Sukses IPB University Diundang Untuk Bekali Para Calon Wisudawan

Dua Alumni Sukses IPB University Diundang Untuk Bekali Para Calon Wisudawan
Berita

Dua alumni sukses IPB University yang merupakan Senior Manager Global Program dan CEO Your Tea Groups diundang pada kegiatan Studium Generale: Pembekalan Karier Pra Wisuda Program Sarjana dan Sekolah Vokasi yang dilaksanakan secara daring pada, 21/4.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University dalam menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kiprah lulusan pasca kampus.

“Bagi para lulusan sarjana, kehidupan setelah kelulusan akan menjadi dunia baru yaitu dunia kerja atau berwirausaha, karena lulus kuliah bukan berarti akhir segalanya, nantinya para lulusan yang sudah bekerja akan kembali belajar beradaptasi dengan kondisi yang ada, sehingga dari sekarang mulailah membangun jaringan yang kuat,” ucapnya

Lebih lanjut Prof Deni berpesan agar para lulusan tetap fleksibel, memiliki grown mindset, belajar mengambil peluang dan harus memiliki motivasi yang kuat apapun jenis pekerjaan untuknya, “Berikan yang terbaik untuk diri anda, jaga almamater kita, karena alumni IPB University dikenal sebagai lulusan yang berasal dari kampus terbaik,” ungkapnya.

Ia berpesan agar lulusan dapat menjaga etika kerja, selalu berlaku adil, jujur, bertanggung jawab, mau belajar dari kesalahan, dan selalu bertanya atas ketidaktahuan.

“Jadilah diri sendiri karena setiap orang memiliki keunikan dan itu merupakan aset yang berharga. Melalui pembekalan saya berharap alumni IPB University yang telah berkiprah dapat memberikan inspirasi untuk calon wisudawan, memberikan pengalaman, gambaran yang dapat menjadi modal untuk para wisudawan,” tuturnya.

Yustika Muharastri, Alumni Agribisnis IPB University yang saat ini bergerak profesional sebagai Senior Manager Global Program menyampaikan bahwa tanggung jawab saat kuliah dengan ketika berkarir berbeda. “Ketika kita masuk dunia kerja, kita akan menjadi individu yang bisa menjadi kontributor bagi organisasi. Apa yang kita kerjakan itu selalu ada hubungannya dengan keberhasilan suatu organisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Yustika mengatakan dalam dunia kerja ada role yang lebih kompleks dibanding saat kita kuliah. Ia menyebutkan kemampuan berbahasa merupakan kemampuan krusial yang harus diasah, selain itu diperlukan mindset yang bertumbuh sehingga dapat memahami interpersonal skill yang dimiliki.

“Kita harus paham betul kemampuan diri sendiri, apa yang bisa kita lakukan, pahami diri sendiri, apa saja kekuatan dan kekurangan diri kita, apakah ada peluangnya dan antisipasi ancamannya apa yang dihadapi dunia kerja,” jelasnya.

Sementara itu narasumber lainnya, Indra Thamrin, selaku CEO Your Tea Groups membagikan langkah menjadi pengusaha sukses. Ia menyampaikan bahwa hingga kini bisnisnya sudah memiliki lebih dari 200 outlet. “Saya belum pernah bekerja, karena sejak saat lulus saya hanya menginginkan menjadi seorang entrepreneur,” ujar Thamrin.