Kuliah di Prodi Paramedik Veteriner IPB University, Tempat Terbaik untuk Gapai Mimpimu!

Kuliah di Prodi Paramedik Veteriner IPB University, Tempat Terbaik untuk Gapai Mimpimu!

Kuliah di Prodi Paramedik Veteriner IPB University, Tempat Terbaik untuk Gapai Mimpimu!
Berita

Seiring meningkatnya kesadaran kesehatan hewan di Tanah Air, salah satunya ditandai dengan pesatnya pertumbuhan klinik hewan, keberadaan sosok paramedik veteriner menjadi semakin penting. Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (D4) Paramedik Veteriner (PVT) Sekolah Vokasi IPB University hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Lewat Prodi Paramedik Veteriner IPB University ini, memahami dunia hewan menjadi lebih menarik dan asyik. Rosita Amelia Dewi, salah seorang mahasiswa mengungkapkan alasannya memilih prodi ini. Ia terdorong oleh rasa penasarannya akan perasaan dan suasana hati hewan, terutama hewan yang sakit.

“Di sini, rasa penasaran itu diakomodasi dengan pembelajaran dan kurikulum yang lengkap, tidak hanya fokus pada hewan tertentu, tetapi melibatkan hampir setiap spesies hewan,” ungkapnya.

Karena itu, sebut Rosita, Prodi Paramedik Veteriner IPB University memberikan platform bagi mahasiswa untuk menjelajahi dan memahami dunia hewan dengan lebih mendalam.

“Prodi PVT IPB University itu seru dan cocok untuk orang yang senang belajar hal yang baru. Dosen-dosennya punya pengalaman praktik di bidang yang berbeda-beda, jadi bisa sharing informasi kebutuhan skill di lapangan lebih dalam lagi. Tenaga pendidiknya sangat berkompeten dan ahli di bidangnya sebagai dokter hewan,” tutur dia.

Selain kuliah, praktikum adalah hal yang menjadi daya tarik prodi ini. Berdasarkan pengalamannya, praktikumnya terbilang ‘unik’ untuk orang awam yang tidak menekuni bidang kesehatan hewan.

“Contoh beberapa praktikum unik menurutku, yakni saat membuat alat tembak manual untuk bius hewan liar, keliling area kampus untuk cari jentik nyamuk sampai memotret berbagai macam ekspresi kucing dan harus bisa membaca suasana hati mereka,” tuturnya.

Dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), Prodi PVT IPB University telah mengukir reputasi yang kokoh dan diakui, menciptakan lulusan-lulusan yang relevan dengan industri.

Keunggulan lain dari prodi ini adalah memiliki Klinik Hewan Pendidikan yang lengkap sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswa bahkan masyarakat sekitar. Klinik ini seringkali menjadi tempat diadakannya acara sosial bagi masyarakat, seperti steril kucing liar dan vaksinasi rabies gratis.

“Nah, kalian para calon mahasiswa baru harus pilih prodi ini karena memang seru banget belajar di sini. Fasilitas belajar lengkap serta kuliah dan praktikum disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” seru Rosita.

Tak hanya itu, mahasiswa juga dibebaskan untuk memilih bidang kesehatan hewan apa yang akan ditekuni dan dibekali pengalaman praktik dosen yang terkait. “Yuk, jangan ragu bergabung ke PVT Sekolah Vokasi IPB University!” ajaknya. (Frans/Rz)