Departemen ITK IPB University Selenggarakan Sharing Session Marine Lake bersama Mahasiswa dari Belanda

Departemen ITK IPB University Selenggarakan Sharing Session Marine Lake bersama Mahasiswa dari Belanda

Departemen ITK IPB University Selenggarakan Sharing Session Marine Lake bersama Mahasiswa dari Belanda
Berita

Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University mengadakan sharing session bersama mahasiswa dari Wageningen University and Research. Mahasiswa yang diundang yaitu Stephanie Martinez, mahasiswa doktoral dan Judith Breedveld, mahasiswa master dari Wageningen University and Research. Topik yang dibahas yaitu “Marine Lake as Natural Laboratories for Evolution and Reef Degradation.”

Sebelumnya, Stephanie Martinez dan Judith Breedveld terlibat dalam kerja sama penelitian dengan dosen IPB University yaitu Dr Beginer Subhan dan Dea Fauzia Lestari, SIK, M.Si. Kegiatan penelitian tersebut dilakukan di marine lakes Misool, Raja Ampat.

Dalam kesempatan ini, Stephanie menjelaskan bahwa fokus penelitian yang dilakukan adalah studi terkait invertebrata dan vertebrata di marine lakes. Selain itu, Stephanie juga menampilkan hasil 3D Modelling terumbu karang yang dibuatnya. Mereka juga berbagi pengalaman saat melakukan persiapan dan pengambilan data di marine lakes.

Ketua Departemen ITK, FPIK IPB University, Dr Syamsul Bahri Agus menyampaikan, kegiatan sharing seperti ini diharapkan dapat meningkatkan exposure internasional kepada mahasiswa. Tidak hanya itu, ia juga berharap, kegaitan serupa dapat memberikan motivasi agar bisa melanjutkan studinya di bidang kelautan sekaligus memperkuat kolaborasi riset dengan mitra universitas luar negeri.

“Marine lake merupakan salah satu riset kolaborasi antara IPB University dengan Wageningen University and Research (WUR) serta Naturalis Biodiversity Center Belanda yang dilakukan di Misool, Raja Ampat. Penelitian ini melibatkan beberapa mahasiswa sarjana, magister dan doktoral baik dari IPB University ataupun WUR,” kata Dr Syamsul Bahri, dosen IPB University.

Sharing session dilanjutkan dengan berbagi pengalaman terkait fieldwork. Selain itu, tim asisten juga memberikan gambaran umum terkait mata kuliah Morfogenetika Kelautan dan bagaimana kaitannya dengan kegiatan riset di marine lake.