Anak Asrama IPB University Sumbang Ide-ide Segar Dukung Green Campus

Anak Asrama IPB University Sumbang Ide-ide Segar Dukung Green Campus

anak-asrama-ipb-university-sumbang-ide-ide-segar-dukung-green-campus-news
Berita

Mahasiswa IPB University mendukung upaya Green Campus 2020. Hal ini tampak dari antusiasme mahasiswa IPB University dalam Social Gathering Lorong (SOLONG) bertajuk ‘Green Campus 2020’.
Dalam agenda ini, insan asrama mendapatkan gambaran umum terkait lima elemen dari Green Campus 2020 yang disampaikan oleh senior resident. Selain itu, insan asrama juga melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk menggali ide dari setiap insan asrama terkait penerapan beberapa elemen green campus yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pertemuan itu, mahasiswa IPB University mengupas solusi kreatif green space di lingkungan asrama, penerapan save energy, pemilihan dan pengolahan sampah plastik, dan juga penerapan hidup sehat serta ramah lingkungan di asrama.

“Alhamdulillah, bahagia melihat antusiasme dari insan asrama saat proses diskusi tentang isu green campus. Terlihat dari sorot mata mereka saat presentasi bahwa mereka sangat bersemangat karena mengaktifkan daya kreatif dan juga daya kritis terhadap keadaan sekitar. Solong berjalan aktif dan dua arah sehingga tidak menimbulkan rasa jenuh saat menjalankannya,” ujar Hasna, salah satu senior resident asrama putri.

“Konsep FGD menjadi kesempatan yang sangat baik bagi adik-adik yang introvert untuk berbaur dan membentuk jiwa kepemimpinan. Banyak insan asrama yang akhirnya tahu bagaimana sistem FGD, karena banyak dari mereka yang belum pernah melakukan FGD,“ ujar Robi, salah satu senior resident asrama putra.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pemahaman mengenai green campus oleh setiap insan asrama, penerapan pola hidup sehat, dan juga melatih daya kritis terhadap isu-isu di sekitar insan asrama. Ide-ide yang telah dipresentasikan oleh insan asrama kemudian akan didokumentasikan sebagai kumpulan solusi aplikatif yang akan diterapkan di asrama ke depan. (MS/ris)

Kata kunci: Mahasiswa IPB University, asrama, Social Gathering lorong, green campus