Puluhan Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Bela Negara di Gunung Bunder

Puluhan Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Bela Negara di Gunung Bunder

puluhan-mahasiswa-ipb-university-ikuti-pelatihan-bela-negara-di-gunung-bunder-news
Berita

Puluhan Mahasiswa IPB University Ikuti Pelatihan Bela Negara di Gunung Bunder

Asrama Kepemimpinan dan Kader Pejuang Pertanian (AKKPP) IPB University mengadakan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Dodiklatpur Rindam Jaya Gunung Bunder, Bogor (12-13/10). Kegiatan yang diikuti sebanyak 43 mahasiswa ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon pemimpin agar mempunyai bekal karakter nasionalisme dan akhlak yang mulia untuk masa depan, terlebih dunia pasca kampus.

 

Nilai-nilai karakter yang akan didapatkan mahasiswa nantinya dapat digunakan untuk membantu masyarakat karena sejatinya peran mahasiswa juga sebagai agen kontrol sosial.

“Kalian di sini tidak hanya sekedar calon pemimpin, tapi kalian adalah agen kontrol sosial yang berarti kalian harus mengambil peran dan membantu masyarakat. Nilai-nilai karakter yang kalian dapat, semoga bisa benar-benar menjadi bekal dan dapat diterapkan di masyarakat,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan Karakter, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Beginer Subhan, S.Pi., M.Si. dalam sambutannya.

 

Menurut mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini, kegiatan ini dapat membentuk mental mahasiswa dalam menghadapi isu-isu politik dan paham dengan isu yang sedang bergulir di Indonesia. Salah satu pandangan ini berasal dari Ari Normansyah.

“Kegiatan bela negara dan wawasan kebangsaan ini sangat bagus untuk membentuk mental mahasiswa apalagi pendidikan yang diberikan berbasis kemiliteran. Ini sejalan dengan kondisi saat ini di Indonesia yang sedang marak isu-isu politik dan radikalisme,” kata Ari.

 

Kesan pelaksanaan kegiatan ini juga dirasakan oleh peserta lain. Pendidikan kepemimpinan yang diberikan, mengajarkan arti solidaritas dan disiplin waktu. “Solidaritas dalam kegiatan ini sangat ditekankan. Setiap kegiatan harus dilaksanakan secara bersama-sama dan peduli satu sama lain. Selain itu di sini kita juga harus disiplin terhadap waktu dan dapat mengelola waktu dengan baik. Pelatihan dan pendidikan bela negara serta wawasan kebangsaan yang dibalut dengan pendidikan kemiliteran, memberi bekal yang dibutuhkan pemimpin masa depan agar dapat memimpin dengan bijak,” kata Akbar Hermawan. (Ath/Zul)

 

Keyword: Bela Negara, Calon Pemimpin, Mahasiswa IPB University