Mahasiswa IPB University Raih Juara Favorit di Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

Mahasiswa IPB University Raih Juara Favorit di Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

mahasiswa-ipb-university-raih-juara-favorit-di-kompetisi-kapal-cepat-tak-berawak-nasional-news
Prestasi

Mahasiswa IPB University 

Mahasiswa IPB University kembali mencatatkan prestasi. Sebagai perguruan tinggi berbasis pertanian, tak membuat IPB University tertinggal dalam bidang kompetensi perikanan. Kali ini, tim mahasiswa IPB University berhasil menyabet juara favorit dalam  Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tanggal 10-13 Oktober 2019 ini digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pada KKCTBN 2019 ini diikuti 63 tim dari 30 institusi pendidikan. Kontes ini terbagi dalam tiga kategori. Yakni Fuel Engine Remote Control (FERC), Electronic Remote Control (ERC), dan Autonomous Surface Vehicle (ASV).

IPB University berpartisipasi dalam dua kategori yaitu ERC dan ASV. Mahasiswa IPB University berhasil mempersembahkan prestasi terbaiknya sebagai Juara Favorit untuk kategori ERC. Tim yang beranggotakan Saiful Rahman, Ismu Zamzani, Dwi Puspita Ria, Ayi Warmia, Fahariman Yudiardi, dan Delfitri yang merupakan mahasiswa Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University ini di bawah bimbingan dosen IPB University, Dr Yopi Novita, SPi, MSi.

Kapal yang diikutsertakan dalam KKCTBN 2019 ini diberi nama Barracuda V dengan bentuk kasko V yang memiliki keistimewaan sebagai kapal anti terbalik.
“Kapal yang kita ikutsertakan dalam KKCTBN 2019 ini memiliki bentuk kasko V, selain itu titik berat kapal difokuskan di bagian bawah dan lunas kapal. Sehingga keunikan kapal kita adalah dari bentuk kasko dan titik berat. Hal itulah yang membuat kapal kita anti terbalik,” kata Dwi Puspita Ria.
Menurut mahasiswa IPB University ini, faktor yang membuat timnya menjadi tim favorit dalam KKCTBN 2019 ini adalah kapal anti terbalik. Selain memiliki keunggulan sebagai kapal anti terbalik, kapal Barracuda V juga memiliki fokus pada kecepatan yang tinggi karena bentuk kasko kapal V.

“Kelebihan dari kapal dengan bentuk kasko V adalah pada kecepatannya dan kurang pada kemampuan manuvernya, sehingga untuk mengatasi hal itu, kita menambahkan bilge keel untuk menunjang kemampuan manuver kapal,” tutur Dwi.

Mahasiswa IPB University ini berharap untuk pembuatan kapal-kapal penumpang bisa mempertimbangkan desain kapal Barracuda V. Harapannya agar keselamatan penumpang lebih terjamin dan menjadi salah satu cara untuk mengatasi musibah yang akhir-akhir terjadi yaitu kapal terbalik.
“Kami berharap rancangan desain kapal Barracuda V dapat diadopsi  dalam pembuatan kapal penumpang atau kapal nelayan, agar kapal memiliki kemampuan sebagai kapal anti terbalik,” tambah Dwi.

Yang membanggakan dalam kompetisi ini, Tim IPB University merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang berbasis perikanan sedangkan tim lain berasal dari bidang teknik, baik teknik mesin, elektro, maupun perkapalan.(Ath/ris)

Kata kunci: Baracuda V, Kompetisi Kapal Cepat Tak Brawak Nasional, Juara Favorit, IPB Univeristy