Sekolah Bisnis IPB Lepas Ratusan Master dan Doktor

Sekolah Bisnis IPB Lepas Ratusan Master dan Doktor

Sekolah-bisnis
Prestasi

 

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) menyelenggarakan kegiatan seminar nasional dengan tema “Agri-Food Complex: A Catalyst for A More Sustainable and Inclusive Growth”, Sabtu (21/11). Kegiatan tahunan dalam rangka pelepasan alumni Program Magister Manajemen (MM) dan Program Doktor Manajemen Bisnis (DMB) tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

 

Kegiatan dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto dan Direktur Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB sekaligus Ketua Tim Penyusun Kelengkapan Organisasi SB-IPB, Dr. Arief Daryanto. 

 

Rektor menyampaikan bahwa tema seminar nasional kali ini merupakan salah salah satu rangkaian kegiatan yang dijalankan oleh IPB. “Tema ini sejalan dengan visi dan misi IPB yakni aspek keberlanjutan dan kepedulian terhadap inclusiveness. Karena berbicara tentang pertanian tentunya tidak terlepas dari keterlibatan petani kecil,” jelas rektor.

 

Sementara itu Dr. Arief menjelaskan bahwa tema seminar yang diangkat sejalan dengan visi baru SB-IPB. “Sudah lama kita mendengar bahwa pertumbuhan ekonomi yang terjadi di berbagai negara kurang berpihak kepada keberlanjutan planet dan kurang bersahabat dengan yang kecil. Hal yang sama terjadi pada agri-food complex, padahal sektor ini sangat berhubungan dengan lingkungan karena berbasis sumberdaya alam dan sangat banyak melibatkan pelaku usaha kecil khususnya di Indonesia,” jelas Dr. Arief.

 

“Sementara itu, value-chain untuk agri-food umumnya bersifat global dan dikuasai oleh perusahaan multi nasional. Dengan demikian agri-food complex ini diharapkan dapat menjadi katalis pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan inklusif jika kita mempunyai niat baik dan mampu mengelolanya secara profesional,” lanjut Dr. Arief.

 

Seminar nasional kali ini menghadirkan Chairman & CEO Sinarmas Agribusiness and Food, Franky Oesman Widjaja sebagai keynote speaker. Hadir pula sebagai pembahas Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Lampung (Unila), Prof.Dr. Bustanul Arifin dan Dr. Arief Daryanto. 

 

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan grand launching SB-IPB secara resmi oleh rektor. “Pertanian tidak lagi hanya terbatas pada masalah on farm dan pengolahan sederhana, namun telah berkembang menjadi sebuah bisnis yang lebih luas dan kompleks yang menuntut IPB untuk mengembangkan kompetensi pengelolaan bisnis. Maka dipandang perlu untuk menyelenggarakan program sarjana dengan portofolio bisnis,” jelas rektor terkait pengembangan Program Sarjana SB-IPB yang baru diresmikan tahun ini.

 

Dalam kegiatan ini SB-IPB melepas 175 alumni yang terdiri dari 157 orang lulusan MM dan 18 orang lulusan DMB. Jumlah alumni SB-IPB tersebut memberikan kontribusi terhadap jumlah alumni IPB secara keseluruhan menjadi 132.178 alumni.(as)