Tim Mahasiswa IPB Raih Juara 3 dalam ASEAN Bowl Quiz 2013

Tim Mahasiswa IPB Raih Juara 3 dalam ASEAN Bowl Quiz 2013

Prestasi

Tim Mahasiswa IPB berhasil mencetak prestasi membanggakan di ajang  The 4rd ASEAN Undergraduate Bowl Quiz yang digelar Max Atria, Singapore Expo, 10/9. Kompetisi untuk mahasiswa program sarjana (S1) ini merupakan salah satu kegiatan dari The 13th Asean Food Conference 2013 yang diadakan oleh Asean Committee on Science and Technology (ASEAN COST) dan Federation of Institutes of Food Science and Technology in Asean (FIFTSA).

 

Tim mahasiswa IPB yang menjadi delegasi Indonesia untuk kompetisi cepat tepat ilmu pangan ini diketuai oleh Gunawan Sanjaya dengan anggota Stella Alinneshia, Michael Lodolisa, dan Lulu Maknun ini  berhasil menyisihkan para pesaing dari Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Kamboja dengan menyabet posisi juara ke-3.   Juara pertama diraih oleh delegasi Thailand, kemudian disusul oleh delegasi Filipina sebagai juara kedua.

 

“Keberhasilan delegasi Indonesia harus kita syukuri. Atas nama Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), kami mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI), yang telah menyiapkan dan membantu kelancaran tim,” ujar Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun MP, Ketua PATPI. Hal senada juga diungkapkan oleh Muhammad Ulil Ahsan, Ketua HMPPI. “Saya sangat bangga dengan pencapaian tim Indonesia ini. Mereka telah melakukan yang terbaik sejak seleksi regional hingga mewakili Indonesia di tingkat ASEAN,” ungkapnya.

 

Saat ditanya bagaimana perasaannya menjadi juara ketiga dalam kompetisi internasional ini, Gunawan menjawab, “Banyak kompetisi ditafsirkan sebagai sebuah drama yang selalu melahirkan Pemenang sekaligus mencetak sekumpulan "Orang Kalah". Namun bagi saya 'ASEAN Undergraduate Quiz Bowl Competition' lebih dari sekedar 'drama'. Mendapatkan teman baru, sederet momen-momen berharga dan juga wawasan yang lebih tentang ilmu pangan adalah yang paling bernilai dalam mengikuti ajang ini. Benar-benar pengalaman yang mengesankan.” Michael menambahkan bahwa prestasi tim Indonesia di ajang AFC merupakan suatu pencapaian bersama para ahli teknologi pangan Indonesia yang menandakan bahwa para mahasiswa ilmu pangan Indonesia mampu bersaing di taraf internasional khususnya di ASEAN.

 

Untuk dapat mewakili Indonesia, tim IPB ini telah melalui dua tahap seleksi yang terdapat dalam rangkaian acara The 2nd Indonesian Food Bowl Quiz Competition 2013. Acara ini dimotori oleh HMPPI dan PATPI, serta bekerja sama dengan KMTPHP-Universitas Gadjah Mada, HIMATEKH-Unsyiah Kuala, HIMITEPA-Institut Pertanian Bogor, HIMATEHAPE-Institut Stiper Yogyakarta, HIMAGIHASTA-Universitas Jember, HIMALOGISTA-Universitas Mulawarman.

 

Seleksi pertama atau seleksi tahap regional diadakan di lima wilayah: Sumatera, Jabodetabek-Jawa Barat, Jawa Tengah-D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan pada  April 2013. Lebih dari 50 tim dari berbagai universitas di Indonesia mengikuti seleksi ini. Seleksi kedua merupakan seleksi nasional yang terdiri dari babak semifinal dan final. Seleksi ini diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tanggal 17-19 Mei 2013. Sebanyak 12 tim terbaik dari lima regional mengikuti seleksi tingkat nasional. PATPI, sebagai dewan juri, mengumumkan pemenang pertama adalah tim IPB sehingga menempatkan tim IPB sebagai  delegasi Indonesia pada The 4rd ASEAN Undergraduate Bowl Quiz 2013.  (Laporan: Berlian Purnama Sari, Koordinator Divisi Informasi dan Komunikasi HMPPI, Mahasiswi Ilmu dan Teknologi Pangan IPB)