IPB Juara Umum Statistika Ria 2013

IPB Juara Umum Statistika Ria 2013

Prestasi

Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi juara umum pada kompetisi Statistika Ria 2013 yang digelar oleh Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) – IPB, di Kampus IPB Dramaga, Bogor. Piala bergilir Andi Hakim Nasoetion kembali ke tangan IPB yang sebelumnya sempat berpindah tangan ke Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2012. Kompetisi statistika yang digelar setiap tahun ini terbagi dalam tiga kompetisi yaitu:  Kompetisi Essay,  Kompetisi Statistika Nasional, dan Kompetisi Statistika Dasar (khusus mahasiswa IPB). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2013.

 

Pada kompetisi tersebut,  IPB meraih juara 2,3,4,5 pada Kompetisi Statistika Nasional, sementara juara 1 diraih UGM. Sedangkan kategoti Kompetisi Essay, UGM berhasil unggul dengan meraih juara 1 dan 2, sementara juara 3 diraih oleh Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS). Untuk Kompetisi Statistika Dasar, juara 1 dan 2 diraih  Departemen Matematika FMIPA IPB, sedangkan juara 2 diraih  Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

 

Kompetisi yang ke-9 ini diikuti 19 peserta yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Perguruan tinggi tersebut antara lain: Unversitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Islam Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas Riau, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pancasila, AIS Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, IPB,  Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

 

“Saya berharap ilmu statistika dapat membantu negara Indonesia ke arah yang lebih maju di dalam mengelola data yang baik,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof.Dr.Ir Yonny Kusmaryono, M.Sc dalam sambutannya. Selain kompetisi, panitia juga menggelar Seminar Nasional, Bedah Buku dan Talk Show. (man)