IPB Juara KPKM 2013

IPB Juara KPKM 2013

Prestasi

Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menorehkan prestasi dengan meraih juara satu dan dua pada Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM) 2013, Bidang Kesejahteraan Rakyat, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (DITBELMAWA- DIKTI).

 

Juara pertama diraih  Mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB, dengan judul “ Sistem Kultur Mikro Alga Laut Terpadu untuk Mengatasi Krisis Energi dan Krisis Pangan di Pulau-Pulau Kecil dan Terluar Indonesia”. Tim ini terdiri dari Khaisar Akhir, Handoko Dian Aditya, dan Tegar J. Riyadi.

 

Sementara, juara dua diraih Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan, FPIK IPB, dengan judul “Model Kebijakan Perubahan Swasembada Gula Rakyat Berafinasi Tinggi Berbasis Bioteknologi Mikroba Laut Simbion”. Tim ini terdiri dari Bayu Irianto dan Prisca Sari Paramaditha.

 

“Ini sangat luar biasa. Meskipun kita mengirimkan tiga kandidat dibandingkan perguruan tinggi lain, dua tim berhasil menjadi pemenang. Artinya kualitas yang kita kirimkan bagus,” ujar Direktur Kemahasiswaan IPB, Dr. Rinekso Soekmadi, M.ScF, Selasa (24/9) di Kampus IPB Dramaga, Bogor. Menurutnya, ajang semacam ini seharusnya dapat mendorong generasi muda, terutama mahasiswa dalam meningkatkan pemikiran kritisnya, terutama di dalam mencari solusi untuk permasalahan pertanian. “Ke depannya pemikiran-pemikiran kritis mahasiswa akan terus di dorong, mengingat permasalahan pertanian akan  kian kompleks,” ujar Dr. Rinekso. Ia juga berkomitmen akan mendorong pembinaan kemahasiswaan IPB untuk terus menghasilkan mahasiswa yang kritis dan berprestasi. (man)