Semarak Dies Asrama Putri Darmaga (APD) IPB Ke-27

Semarak Dies Asrama Putri Darmaga (APD) IPB Ke-27

Berita

Asrama Putri Darmaga (APD) merupakan salah satu asrama putri untuk S-1 yang terdapat di komplek kampus Institut Pertanian Bogor di Darmaga. Pada awalnya asrama ini dibangun untuk tempat tinggal mahasiswi Fakultas Kehutanan IPB yang sedang menuntut ilmu di kampus Darmaga. Seiring dengan perkembangan kampus IPB Darmaga, asrama ini kemudian dibuka untuk semua mahasiswi fakultas yang ada di kampus IPB.

 

Dies Natalis merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Asrama Putri Darmaga dalam rangka memperingati hari jadi APD. Peringatan Dies yang dilaksanakan oleh APD berupa kegiatan-kegiatan yang dapat mendekatkan asrama ini dengan warga dan lingkungan kampus IPB Darmaga.

 

Pada tahun ini, dalam rangka memperingati Dies Asrama Putri Darmaga ke-27, divisi eksternal APD menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial di Desa Cikarawang kecamatan Darmaga dengan tema Lets Contribute with the Real Action in Our Society” . Kegiatan ini diselenggaragakan sebagai wujud dari kepedulian kalangan akademisi kepada masyarakat di lingkungan sekitar kampus Institut Pertanian Bogor. Kepedulian tersebut sudah selayaknya dimiliki oleh insan intelektual khususnya para mahasiswa sebagai the agent of change.

 

Kegiatan bakti sosial di desa tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya saling tolong-menolong, kesehatan serta pendidikan yang masih kurang, terlebih lagi bagi keluarga yang tingkat perekonomiannya di bawah rata-rata. Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah  untuk mempererat tali silaturahmi antara seluruh civitas Asrama Putri Darmaga dengan anggota masyarakat, dan sebagai wadah wujud kepedulian mahasiswa kepada masyrakat sekitar.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial sebagai sebuah kontribusi nyata untuk masyarakat khususnya yang kurang mampu. Selain aspek sosial, kegiatan tersebut juga mengedepankan aspek kesehatan masyarakat yang terealisasikan dalam bentuk penyuluhan dan konsultasi gizi oleh para ahli di bidang gizi masyarakat. Sasaran kegiatan ini pada umumnya adalah seluruh masyarakat Desa Cikarawang kecamatan Darmaga kabupaten Bogor, namun lebih dikhususkan untuk warga yang kurang mampu dan benar-benar membutuhkan.

 

Kegiatan bakti sosial dilaksanakan di Desa Cikarawang pada hari Minggu tanggal 22 November 2009. Kegiatan sosial yang diselenggarakan pada acara ini diantaranya yaitu: sembako murah unutuk warga tidak mampu, pemeriksaan kesehatan tulang dan konsultasi gizi secara gratis dan bazaar pakaian murah bagi warga. Selama acara berlangsung diselingi dengan pengundian kupon hadiah bagi warga.

             Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina Asrama Putri Darmaga, Dr. Ir. Dyah Wulandani, M. Si, dosen Departemen Teknik Pertanian IPB, Kepala Dusun dan Ketua RW Desa Cikarawang, Kecamatan Darmaga. Warga desa setempat tampak antusias mengikuti acara ini. Kegiatan ini  terselenggara atas dukungan dari Institut Pertanian Bogor, Alumni-alumni APD, Pemerintah Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga, PT. Anlene, Badan Amil Zakat Kabupeten Bogor, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. (***/nUr)