Upaya Penjaminan Etik Konservasi dan Riset pada Satwa Liar, SKHB IPB University Undang Ahli Etik dari Italia

Upaya Penjaminan Etik Konservasi dan Riset pada Satwa Liar, SKHB IPB University Undang Ahli Etik dari Italia

Upaya Penjaminan Etik Konservasi dan Riset pada Satwa Liar, SKHB IPB University Undang Ahli Etik dari Italia
Berita

SKHB IPB University adakan kuliah tamu dengan mendatangkan ahli etik dan kesejahteraan hewan dari University of Padua (UNIPD), Padova, Italia. Ahli etik tersebut ialah Prof Barbara De Mori, pengajar serta Direktur Laboratorium Etik untuk Kedokteran Hewan, Konservasi dan Kesejahteraan Hewan di Sekolah Kedokteran Hewan, UNIPD.

Kuliah tamu tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari Mata Kuliah Bioetika dan Hewan Laboratorium bagi mahasiswa pascasarjana Ilmu Biomedis Hewan. Kuliah tamu dimoderatori oleh Drh Fitriya Nur Annisa Dewi, selaku koordinator mata kuliah. Prof De Mori menyampaikan tentang konsep etik dalam bidang konservasi dan berbagai upaya penerapannya.

Prof De Mori mengajak para peserta kuliah menggali pemahaman tentang batasan etik dalam kegiatan konservasi, berbagai sudut pandang tujuan dan alasan dalam upaya konservasi, tantangan pada pendekatan kasus konflik manusia dan satwa liar, serta pentingnya compassion pada setiap penentuan strategi konservasi.

Ia menjelaskan kepentingan serta prinsip pelaksanaan Asesmen Etik Mandiri (ethical self assessment) serta perbedaanya secara substansi dengan proses perolehan Klirens Etik (ethical clearance).

“Contoh-contoh upaya penerapan prinsip 3Rs (Replace, Reduce, Refine) dalam studi yang melibatkan satwa liar merupakan suatu konsep yang sudah sangat dikenal di dunia hewan laboratorium namun memiliki tantangan tersendiri dalam dunia konservasi,” jelas Prof De Mori

Kehadiran Prof Barbara De Mori tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan Visiting Professor yang didukung oleh Direktorat Konektivitas Global IPB University. Saat ini, Prof. De Mori juga berperan sebagai ahli etik bagi tim Assisted Reproductive Technology and Biobank SKHB IPB University dalam upaya pelestarian Badak Sumatera yang bekerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Leibniz Institute for Zoo and Wildlife Research, Jerman.

Selain itu, UNIPD dan IPB University juga telah menginisiasi terjalinnya kerja sama resmi. Upaya ini diharapkan akan terus membuka kesempatan berbagai kegiatan kolaboratif antara IPB dan UNIPD, khususnya antara sekolah kedokteran hewan di kedua universitas. (*/Lp)