Siap Akreditasi Unggul, IPB University Mendapat Visitasi Asesor dari Lamemba dan Lamsama

Siap Akreditasi Unggul, IPB University Mendapat Visitasi Asesor dari Lamemba dan Lamsama

Siap Akreditasi Unggul, IPB University Mendapat Visitasi Asesor dari Lamemba dan Lamsama
Berita

IPB University mendapat visitasi dari tim asesor asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (Lamsama).

Kedatangan tim asesor dari kedua lembaga akreditasi mandiri ini dalam rangka peningkatan mutu akreditasi pendidikan Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Ekonomi, Departemen Ilmu Ekonomi dan Prodi Doktor Klimatologi Terapan, Departemen Geofisika dan Meteorologi.

Tim Asesor Lamemba adalah Prof Jaka Sriyana, Pakar Ekonomi Publik dan Prof Idris, Pakar Ekonomi Lingkungan. Sementara itu, tim Asesor dari Lamsama adalah Prof Antonius Nanang Tyasbudi Puspito dan Prof Muhammad Kamal.

Tim Asesor diterima langsung oleh jajaran pimpinan IPB University di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga, (6/5).

Prof Jaka Sriyana mengatakan, asesmen lapangan dilakukan untuk mengonfirmasi penilaian tim asesor yang dilakukan sebelumnya. Prof Idris menambahkan, terkadang di perguruan tinggi, fakta di lapangan jauh lebih bagus daripada yang dituliskan dalam dokumen penilaian, sehingga visitasi ini dalam rangka mengonfirmasi dan mengklarifikasi.

Hal serupa disampaikan oleh tim asesor Lamsama, Prof Antonius Nanang Tyasbudi Puspito dan Prof Muhammad Kamal. Keduanya menyampaikan akan melakukan konfirmasi dan klarifikasi atas dokumen yang telah ditulis.

“Prinsipnya kami ingin klarifikasi apa yang sudah di tulis, karena biasanya fakta di lapangan akan jauh lebih bagus dari yang ditulis. Mudah-mudahan acara berjalan lancar,” ucap Prof Muhammad Kamal.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui visitasi ini, input-input dari para asesor sangat diharapkan sebagai landasan perbaikan penjaminan mutu.

Dengan demikian, proses pendidikan yang dilakukan di IPB University, khususnya terkait Prodi Doktor Ilmu Ekonomi dan Prodi Doktor Klimatologi Terapan bisa terus ditingkatkan. “Kami akan terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk jaminan mutu pendidikan di IPB University,” tegasnya.

Kepala Bidang Akreditasi dan Sertifikasi Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB University, Dr Mochammad Riyanto mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan banyak persiapan agar semua prodi di IPB University dapat terakreditasi unggul sebelum berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. “Hari ini pun ada tiga prodi di IPB University yang akan divisitasi oleh asesor,” ucapnya. (dh/Rz)