UTBK IPB University Tersebar di Tiga Lokasi, Jangan Salah Lokasi dan Waktu Ujian

UTBK IPB University Tersebar di Tiga Lokasi, Jangan Salah Lokasi dan Waktu Ujian

UTBK IPB University Tersebar di Tiga Lokasi, Jangan Salah Lokasi dan Waktu Ujian
Berita

Pelaksanaan UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer sudah di depan mata. Bagi kamu yang melaksanakan UTBK di IPB University, jangan sampai salah lokasi dan waktu ujian.

Pasalnya, lokasi UTBK di IPB University tersebar di tiga kampus, yaitu Kampus Sekolah Vokasi IPB Cilibende Kota Bogor, Kampus Sekolah Bisnis IPB Gunung Gede Kota Bogor, dan Kampus IPB Dramaga Kabupaten Bogor.

Untuk mengetahui kampus IPB mana yang menjadi lokasi ujianmu, termasuk jadwal dan ruang ujian, kamu bisa mengeceknya di kartu peserta UTBK. Karena jarak ketiga lokasi kampus tersebut berbeda cukup jauh, khususnya antara kampus IPB Dramaga dan dua kampus lainnya, alangkah baiknya kamu survei terlebih dulu lokasi ruangan ujian sebelum hari-H.

Kampus Sekolah Vokasi IPB Cilibende terletak di Jalan Kumbang No.14, RT.02/RW.06, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Lokasi Kampus Sekolah Bisnis IPB berada di Jalan Raya Pajajaran, RT.03/RW.06, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Adapun kampus IPB Dramaga berlokasi di Jalan Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Jarak dua Kampus IPB di Kota Bogor (Sekolah Vokasi dan Sekolah Bisnis) dengan Kampus IPB Dramaga terpaut cukup jauh, sekitar 15 kilometer. Waktu tempuh dari Kota Bogor ke Dramaga dapat memakan waktu sekitar satu jam dengan mobil, 45 menit dengan motor, dan dua jam dengan kendaraan umum.

Untuk itu, pastikan kamu jangan sampai salah tempat dan terlambat, terlebih untuk kawasan Dramaga yang rawan kemacetan. Jangan lupa alokasikan waktu lebih sekitar 15 sampai 30 menit untuk mengantisipasi jika terjadi macet.

Sebelum memasuki Kawasan Dramaga, terdapat dua terminal angkutan umum, yaitu Terminal Bubulak dan Laladon. Jadi bisa dipastikan lalu lintas di sekitarnya akan sangat ramai dengan angkot, bus, truk, dan kendaraan bermotor lainnya. Jalan alternatif seperti Jalan Lingkar Luar Laladon bisa menjadi pilihan bila ingin terhindar dari kemacetan.

Alternatif lain untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Raya Dramaga dan antrean masuk di gerbang utama, kamu juga bisa memilih untuk masuk kampus melalui pintu 2 (gerbang belakang). Apabila dibutuhkan, gunakanlah Google Maps untuk membantumu menemukan rute terbaik.

Catatan lainnya, kamu juga perlu memperhatikan secara detail lokasi UTBK, terutama apabila lokasi ujianmu di Kampus IPB Dramaga. Sebab, lokasi ujiannya tersebar di empat titik: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), serta Perpustakaan Gedung A dan B.

Keempat lokasi tersebut tersebar dengan jarak yang juga relatif butuh waktu. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan survei sebelum hari H agar dapat mengestimasikan sendiri jarak tempuhnya. Selain itu, banyak hal yang tidak terduga mungkin terjadi selama di perjalanan menuju lokasi ujian sehingga perlu upaya antisipasi agar tidak terlambat.