Dukung Para Rektor Memiliki Daya Saing Global, IPB University Siap Gulirkan PKKPT 2024

Dukung Para Rektor Memiliki Daya Saing Global, IPB University Siap Gulirkan PKKPT 2024

Dukung Para Rektor Memiliki Daya Saing Global, IPB University Siap Gulirkan PKKPT 2024
Berita

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Abdul Haris, menghadiri acara Pelepasan Peserta Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk Rektor Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya di Jakarta (20/4). Program ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi menuju World Class University.

PKKPT adalah program pertama yang bertujuan meningkatkan kapasitas kepemimpinan rektor melalui pendekatan berkelanjutan terhadap good corporate governance, pembelajaran, penelitian, kontribusi pada kehidupan masyarakat, serta peningkatan berkelanjutan dalam berjejaring dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, Dirjen Diktiristek menekankan bahwa peran rektor atau pimpinan perguruan tinggi sangat penting, karena mereka harus menjadi academic leader dan entrepreneur. Integrasi kedua fungsi ini menjadi kunci keberhasilan bagi pimpinan perguruan tinggi.

“Tantangan perguruan tinggi sangat besar. Sebagai academic leader, rektor harus memberikan teladan dan memastikan perguruan tinggi memenuhi target utama dalam tri dharma perguruan tinggi. Pimpinan perguruan tinggi harus memiliki strategi untuk mencapainya, termasuk dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat. Semua ini tidak lepas dari reputasi akademik yang menjadi kunci, serta kemampuan berinovasi dan menghasilkan revenue sebagai seorang entrepreneur,”ungkap Haris.

Haris berharap para peserta dapat mengikuti perjalanan dari penguatan kapasitas ini dengan serius, dan mengharapkan perjalanan serta pengalaman dengan Seoul National University (SNU) Korea khususnya, bisa dinyatakan dalam bentuk kerja sama yang konkret, masing-masing perguruan tinggi nanti punya peran untuk mengambil kerja sama dengan SNU di salah satu bidang, karena itu bisa menjadi salah satu target.

Setelah melalui seleksi, IPB University terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana PKKPT bagi Rektor Tahun 2024. Program ini didukung oleh Dana Abadi Perguruan Tinggi (DAPT) untuk Program Peningkatan Perguruan Tinggi Menuju Kelas Dunia, melalui kolaborasi antara Direktorat Sumber Daya, Direktorat Kelembagaan, Universitas Airlangga, dan IPB University.

Dalam sambutan singkatnya Rektor University, Prof Arif Satria mengucapkan terima kasih kepada Direktur Sumber Daya yang telah memberikan kepercayaan kepada IPB University untuk menjadi pelaksana program PKKPT. Ia mengungkapkan opsi dipilihnya SNU, karena SNU adalah salah satu institusi yang memiliki sejarah yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia, apalagi Korea Selatan memiliki start yang hampir sama dengan Indonesia.

“Pelajaran buat kita bahwa start yang sama tapi menghasilkan sesuatu yang berbeda karena ada strategi yang berbeda. Oleh karena itu kita nanti tidak hanya belajar tentang perguruan tinggi, karena perguruan tinggi adalah part of kebijakan nasional”, ujarnya.

Ia berharap program ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berdaya saing global.

PKKPT Rektor Tahun 2024, dengan tema Entrepreneur Leadership Training, mengirimkan sebanyak 17 Rektor Perguruan Tinggi Negeri untuk mengikuti kegiatan selama tujuh hari di Seoul National University (SNU) Korea Selatan. Kegiatan tersebut meliputi seminar, workshop, studi kasus, self-paced learning, dan berjejaring dengan industri dan perguruan tinggi di Korea Selatan, dengan melibatkan narasumber dan fasilitator dari berbagai instansi terkait. (Z-8/WB)