RTB dan RTH sebagai Pertimbangan Memilih Tempat Kuliah

RTB dan RTH sebagai Pertimbangan Memilih Tempat Kuliah

RTB dan RTH sebagai Pertimbangan Memilih Tempat Kuliah
Berita

Ada banyak pertimbangan orang memilih tempat kuliah. Salah satunya karena lingkungan kampus yang nyaman dan asri. Beberapa kampus di Indonesia memiliki danau yang terhampar di lingkungan kampusnya. Salah satunya adalah Kampus IPB Dramaga dikenal sebagai kampus yang memiliki situ atau danau sebagai ruang terbuka biru (RTB). Ada tiga situ di area kampus ini, yaitu Danau LSI yang terletak di antara Perpustakaan dengan Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Telaga Inspirasi yang terletak di dekat pintu masuk utama IPB Dramaga, dan Danau SDGs yang terletak di area Laboratorium Lapangan Fakultas Peternakan.

Kian lengkap, kampus IPB Dramaga juga didominasi hamparan ruang terbuka hijau (RTH) berupa arboretum, taman, dan area penghijauan bantaran sungai. Terkait keberadaan danau di Kampus IPB Dramaga, Prof Hadi Susilo Arifin, Ketua Program Magister Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, menjelaskan beberapa fungsi dan manfaat dari danau bagi lingkungan.

Menurutnya, keindahan area di sekitar danau yang merupakan ruang terbuka hijau bisa digunakan untuk healing dan rekreasi. Tidak hanya itu, dengan adanya elemen-elemen seperti tanaman maupun satwa, seperti angsa ataupun burung-burung yang ada di danau LSI membuat danau menjadi lebih cantik dan memanjakan mata.

Prof Hadi menerangkan bahwa keberadaan danau juga dapat menjaga keanekaragaman hayati terkhusus bagi satwa maupun tumbuhan yang hidup baik di sekitar danau. Baik di permukaan, maupun di dalamnya danau seperti beragam jenis ikan, burung, biawak, dan ragam tumbuhan air.

Ia juga menyebut, ruang terbuka biru seperti danau memiliki hubungan erat dengan keberadaan ruang terbuka hijau. Keduanya ada konektivitas satu dengan lainnya dan memiliki fungsi yang saling berkaitan, yaitu keberadaan tanaman, tumbuhan di sekitar danau dan di permukaan danau dapat menyerap karbondioksida untuk fotosintesis. Penyerapan karbondioksida (CO2) yang baik, selain dapat menurunkan suhu udara secara mikro, juga menyebabkan oksigen (O2) yang dihasilkan dari fotosintesis, dapat menyegarkan udara sekitar danau.

“Dengan adanya danau di Kampus IPB Dramaga, membuat serapan karbon makin tinggi sehingga suhu udara akan menurun,” ucap Prof Hadi Hadi Susilo Arifin, yang merupakan ketua peneliti Water Sensitive Cities Kerjasama IPB University dan Monash University, Australia periode 2016-2019.

Prof Hadi menerangkan, tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, keberadaan danau ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyuplai air untuk berbagai keperluan di kampus. “Keberadaan danau di Kampus IPB Dramaga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku, yang kemudian bisa diolah untuk penggunaan domestik di unit-unit dalam kampus, asrama, hingga penyiraman atau irigasi di kebun-kebun percobaan,” ucapnya.

So, apakah kamu termasuk yang menjadikan keasrian lingkungan kampus sebagai pertimbangan memilih tempat kuliah?