Perdana, Acara Capstone Festival Fisika IPB University 2024 Berlangsung Meriah

Perdana, Acara Capstone Festival Fisika IPB University 2024 Berlangsung Meriah

Perdana, Acara Capstone Festival Fisika IPB University 2024 Berlangsung Meriah
Berita

Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)IPB University adakan kegiatan Capstone Festival 2024 yang merupakan ajang pemaparan hasil kerja dan aktivitas mahasiswa pada matakuliah Capstone Fisika dua sesuai kurikulum K2020 IPB University. Berbagai hasil aktivitas mahasiswa seperti magang penelitian di berbagai pusat riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta aktivitas capstone internal ditampilkan pada kegiatan ini.

Capstone Fisika sendiri merupakan matakuliah yang merupakan kulminasi dari implementasi penerapan semua capaian pembelajaran prodi fisika yang telah dipelajari sebelumnya selama kurang lebih tiga tahun. Tercatat 57 persen mahasiswa Fisika Angkatan 2020 berpartisipasi pada kegiatan ini.

Dalam sambutannya Ketua Prodi Fisika, Prof Tony Sumaryada menekankan perlunya mahasiswa terwarnai oleh suasana akademis dan ilmiah yang menggembirakan seperti acara Capstone Festival ini. “Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat segera menuntaskan perkuliahannya dan lulus secara tepat waktu,” ujarnya.

“Kegiatan ini seru sekali, menambah wawasan dan banyak masukan berharga yang diperoleh dari dosen penilai serta rekan mahasiswa lainnya,” ungkap Nina Alexandra, salah seorang peserta Capstone Festival.

Sementara, salah seorang dosen penilai, Dr Heriyanto Syafutra mengatakan, “Kegiatan festival ini sangat baik sekali untuk melatih kemampuan komunikasi mahasiswa dalam mendiseminasikan ide serta hasil hasil aktivitas capstone nya kepada khalayak ramai, jelas diperlukan pemahaman substansial yang dalam serta kreativitas yang tinggi agar orang tertarik untuk mendengarkannya,” ucapnya.

Lanjut Dr Heriyanto, kegiatan Capstone Festival ini sesuai dengan target capaian pembelajaran prodi yang menuntut kemampuan kolaborasi, komunikasi, penyelesaian masalah kompleks, juga penguasaan substansi dasar dari prodi fisika.(*/Lp)