Marine Mapping Club IPB University Gandeng Nusantara Geosains Institute Berikan Pelatihan Pengoperasian Drone

Marine Mapping Club IPB University Gandeng Nusantara Geosains Institute Berikan Pelatihan Pengoperasian Drone

Marine Mapping Club IPB University Gandeng Nusantara Geosains Institute Berikan Pelatihan Pengoperasian Drone
Student Insight

Marine Mapping Club (MMC) IPB University bekerja sama dengan Nusantara Geosains Institute (NGI) mengadakan kegiatan pelatihan dasar pengoperasian drone di Laboratorium Komputer Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Kampus IPB Dramaga.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kompetensi dan kemampuan dalam pengoperasian dasar penerbangan drone dan mempraktikkan cara menerbangkan drone dengan aman dan bertanggung jawab.

Terdapat pemaparan materi tentang sejarah dan perkembangan drone di Indonesia oleh Riza Aitiando Pasaribu, selaku pembina dan instruktur. Ia juga turut mengamanahkan peserta pelatihan untuk terus belajar dan mendalami ilmu untuk meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan drone.

“Saya harap dengan adanya pelatihan ini, kalian dapat menguasai cara menerbangkan drone dengan aman dan percaya diri, baik dalam penelitian maupun dalam kegiatan ekspedisi,” ujar Riza.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Pandu Setyabudi dan Muhammad A Ghofur Al Hakim, terkait penggunaan, manfaat, serta regulasi yang mengatur penerbangan drone. “Dalam pengoperasian drone, terdapat peraturan terkait penerbangan drone di ruang udara. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan wawasan terkait larangan dan aturan yang harus ditaati oleh pilot drone,” jelas Pandu.

Kegiatan juga diisi dengan teknis dan praktik penerbangan drone di FPIK IPB University dengan pendampingan kedua teknisi. Pada sesi ini, setiap anggota pelatihan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengoperasian penerbangan drone di bawah pengawasan instruktur.

Pada pelatihan setiap peserta juga diwajibkan untuk dapat melakukan setting alat dan mengoperasikan drone melalui obstacle yang telah disediakan dengan mengikuti arahan dari instruktur. Berkolaborasi dengan Nusantara Geosains Institute, kegiatan pelatihan yang diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta. (MAP/RAT/Lp)