IPB University Raih Prestasi di Kyoto University International Symposium 2023

IPB University Raih Prestasi di Kyoto University International Symposium 2023

IPB University Raih Prestasi di Kyoto University International Symposium 2023
Prestasi

IPB University turut menghadiri Kyoto University International Symposium on Education and Research in Global Environmental Studies in Asia. Tahun ini, kegiatan berlangsung di salah satu partner university, yaitu Hue University of Agriculture and Forestry, Vietnam.

Acara symposium ini dihadiri oleh berbagai akademisi dari negara-negara di Asia, seperti Jepang, Vietnam, India, Thailand, Indonesia, Kamboja baik secara daring maupun luring. Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi dan tim di acara simposium ini.

Sebagai koordinator akademik kerja sama IPB dan Kyoto University, Prof Ernan turut didampingi delegasi dari Cross-Appointee IPB University dan Kyoto University. Mereka adalah Dr Nurhayati dan Dr Andrea Emma Pravitasari beserta supporting staff dari Kyoto University Satellite Office di IPB University, Yuri Ardhya Stanny, MGES, MSi.

Menjadi sebuah kebanggaan untuk IPB University karena dari total 114 peserta dan 10 penghargaan poster yang diberikan, dua di antaranya diperoleh mahasiswa IPB University. Yakni mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Manajemen Sumberdaya Lahan dan mahasiswa Prodi Magister Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Sekolah Pascasarjana.

Selain itu, satu penghargaan diperoleh oleh alumni Prodi Magister PWL IPB University yang saat ini sedang melanjutkan studi S3 di Kyoto University.

“Sungguh sebuah prestasi yang sangat membanggakan dari mahasiswa IPB University. Kami berharap agar keikutsertaan mahasiswa IPB University di dunia akademik khususnya di ajang internasional bisa terus bertambah di waktu yang akan datang,” ujar Prof Ernan.

Kegiatan simposium berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama dilaksanakan di Hue University of Agriculture and Forestry, kemudian hari kedua diadakan kunjungan lapang ke Hong Ha Commune Village, Thua Thien-Hue Province.

Sebagai agenda tahunan, Kyoto University International Symposium tahun 2024 direncanakan akan dilaksanakan di Kamboja. Lebih lanjut, IPB University mengusulkan untuk menjadi tuan rumah kegiatan simposium tahun 2025. (Yuri/Rz)