UKF IPB University Kenalkan Teknik Identifikasi Burung Pemangsa di Desa Sukaharja

UKF IPB University Kenalkan Teknik Identifikasi Burung Pemangsa di Desa Sukaharja

UKF IPB University Kenalkan Teknik Identifikasi Burung Pemangsa di Desa Sukaharja
Student Insight

Uni Konservasi Fauna (UKF) IPB University melakukan kegiatan Social Conservation Program (SCP) di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini berkolaborasi bersama Patriot Desa Penempatan Desa Sukaharja dalam melaksanakan pendidikan konservasi kepada anak-anak dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Raharja Desa.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan memberikan pendidikan konservasi kepada anak-anak di Taman Baca Al-Karomah tentang sampah dan kreasinya. Selain itu, UKF IPB University bersama Kelompok Pemerhati Burung (KPB) mengenalkan tentang migrasi dan pelatihan teknik identifikasi burung pemangsa serta pemantauan jalur terbang dan pengamatan migrasi burung bersama POKDARWIS di Gunung Pancaniti Desa Sukaharja.

Kang Soleh, anggota Patriot Desa Penempatan Desa Sukaharja mengatakan “Kolaborasi yang menjadi konsentrasi adalah Taman Baca Masyarakat (TBM) mengenai pendidikan lingkungan dan peningkatan kapasitas dalam menunjang pelaksanaan kegiatan wisata bersama Kelompok Sadar Wisata Raharja, termasuk dalam pengamatan satwa yang ada di lingkungan desa Sukaharja untuk menunjang wisata yang ada di desa”, ungkapnya.

Pengembangan potensi yang ada di Desa Sukaharja terus meningkat seiring berjalannya waktu. “Besar harapan saya agar Desa Sukaharja selain wisatanya bagus dari segi infrastruktur dan fasilitasnya berkembang, tetapi juga harus tetap memperhatikan aspek-aspek mengenai keberlanjutan dari sumberdaya yang ada” ujar Akbar, mahasiswa anggota UKF IPB University. (*/Lp)