Kolaborasi Mahasiswa IPB University Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Kolaborasi Mahasiswa IPB University Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Kolaborasi Mahasiswa IPB University Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan
Student Insight

Demi meningkatkan kesadaran generasi muda akan isu pencemaran lingkungan, International Association of Students in Agricultural and Related Science (IAAS) Local Committee (LC) IPB University berkolaborasi dengan Indonesian Green Action Forum (IGAF) serta Society of Renewable Energy (SRE) menghadirkan kegiatan edukatif bertajuk Youth Agricareture (YACT) yang terdiri atas dua rangkaian kegiatan, yaitu Youth Agricareture Goes to School (YGTS) dan Youth Agricareture Goes to VCP (YGTV). Kegiatan tersebut berfokus pada pemberdayaan masyarakat, kepedulian lingkungan serta aksi-aksi sosial.

Aribatun Najilah selaku project leader YACT 2023 menuturkan kegiatan YGTS tahun ini mengangkat tema “Good Management for Healthy Environment” di SMAN 10 Kota Bogor. Sementara itu, YGTV mengusung tema “DaMang: Dari Minyak Jadi Uang” di Desa Tapos 1, Bogor.

“Tema dan isu yang dipilih merupakan wujud perhatian IAAS LC IPB University terhadap penanggulangan isu pencemaran lingkungan oleh generasi muda. Edukasi pada YGTS 2023 disampaikan melalui materi menarik dan interaktif mengenai limbah fashion yang dilengkapi dengan workshop eco printing,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, YACT diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk selalu peduli terhadap kesehatan lingkungan serta menjadi wadah bagi generasi muda dalam menumbuhkan kepedulian sosial dan memberikan dampak positif pada lingkungan di sekitarnya.

“Youth Agricareture juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemampuan problem solving generasi muda yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif mereka. Dengan seluruh rangkaian kegiatan YACT 2023, pemuda akan lebih sadar terhadap isu limbah lingkungan dan rumah tangga, serta cara pengolahannya,” pungkasnya. (*/Lp)