IPB University Hadirkan 26 Perusahaan dan Instansi di Job Fair 2023, Mahasiswa Bisa Cari Kerja dan Beasiswa

IPB University Hadirkan 26 Perusahaan dan Instansi di Job Fair 2023, Mahasiswa Bisa Cari Kerja dan Beasiswa

IPB University Hadirkan 26 Perusahaan dan Instansi di Job Fair 2023, Mahasiswa Bisa Cari Kerja dan Beasiswa
Berita

IPB University kembali menyelenggarakan Job Fair 2023 dengan menghadirkan 26 perusahaan dan instansi mitra strategis. Acara ini dilaksanakan secara on site di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus Dramaga, Bogor pada 28-29 Oktober 2023 dan diadakan secara virtual hingga 26 November 2023.

Prof Deni Noviana, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, menuturkan, Job Fair kali ini merupakan yang ketiga di tahun 2023. Ia menyebut, job fair bertujuan untuk mempertemukan calon lulusan IPB University dengan perusahaan terkait di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), atau swasta.

“Job Fair ini juga ajang bagi mahasiswa kita yang memiliki jiwa entrepreneur. Mereka yang punya usaha atau startup kita fasilitasi. Di Job Fair ini juga terdapat informasi beasiswa dari pemerintah seperti LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Dari kita melalui Direktorat Pendidikan Internasional IPB University ada informasi tentang program student exchange ke luar negeri dan kelas-kelas internasional,” kata Prof Deni usai membuka IPB Job Fair 2023, (28/10).

Prof Deni mengatakan, proses pendidikan di IPB University merupakan suatu rangkaian yang telah dirancang sejak mahasiswa masuk IPB University. Mahasiswa berencana karir di bidang apa hingga proses mencari pekerjaan semua sudah terprogram di IPB University.

“Bahkan, mereka yang sudah lulus tapi belum mendapat pekerjaan, silakan datang lagi secara voluntary ikut pelatihan. Jadi intinya IPB University ingin meningkatkan peluang-peluang bagi mahasiswa kita untuk mendapat informasi pekerjaan di luar sana,” ujarnya.

Prof Deni menyampaikan, sejauh ini, ada 68 persen lulusan IPB University yang bekerja di sektor pertanian dalam arti luas baik, yang on farm maupun off farm. Secara profesi, katanya, ada yang bekerja sebagai entrepreneur, profesional, birokrat, akademisi, dan sebagainya.

Menurutnya, dengan diadakannya IPB Job Fair maka membuka peluang kerja bagi lulusan IPB University. Ia berharap ke depannya semakin banyak perusahaan yang ikut serta. Semakin banyak perusahaan tentunya semakin besar peluang lulusan IPB University mendapat pekerjaan.

Sementara itu, Asisten Direktur Pengembangan Karier dan Kemahasiswaan IPB University, Rici Tri Harpin Pranata, SKPm, MSi mengatakan, sasaran IPB Job Fair adalah mahasiswa, lulusan baru IPB University, dan masyarakat luas yang sedang mencari informasi beasiswa, magang, atau pekerjaan. Ia menjelaskan, acara ini gratis dan terbuka untuk mahasiswa baik dari Bogor maupun dari luar Bogor.

“Mahasiswa kami undang ke sini supaya memotret kira-kira nanti mau kerja di mana ya? Mitra IPB University siapa saja? Jadi, sudah tahu kalau mau masuk ke sini (perusahaan), ini prosedurnya, dan sebagainya. Jadi sudah memotret rencana karir ke depan,” katanya. (MHT)