Eratkan Tali Silaturahmi, Rektor IPB University Buka Bersama dengan Para Insan Media

Eratkan Tali Silaturahmi, Rektor IPB University Buka Bersama dengan Para Insan Media

eratkan-tali-silaturahmi-rektor-ipb-university-buka-bersama-dengan-para-insan-media-news
Berita

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengajak para insan media buka puasa bersama bertempat di Resto Taman Koleksi, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor (15/4).

Pada kesempatan itu, Prof Arif Satria berbagi terkait dua program unggulan IPB University yakni Jalur Ketua OSIS dan Pelatihan The 7 Habits of Highly Effective People. Menurutnya, kesuksesan keduanya menjadikan banyak perguruan tinggi lain untuk mengadopsinya.

“Sikap kepemimpinan tidak bisa hanya dibentuk selama para mahasiswa berkuliah atau dengan durasi 4 tahun. Aspek tersebut perlu dimulai lebih ekstra, yakni semenjak para calon mahasiswa duduk di bangku sekolah,” buka Prof Arif.

Ia melanjutkan, jika dulu orang masuk IPB University nilainya harus bagus, sekarang bukan cuma itu, tapi juga harus punya kemampuan kepemimpinan. “Ketua OSIS SMA hampir pasti adalah pengurus OSIS SMP. Selama 3 tahun, dia biasa mengabdi pada orang, sudah biasa mengambil keputusan, manajemen konflik, membuat proposal, public speaking, bernegosiasi, melobby, bahkan bisa menggerakkan orang,” terang Rektor IPB University.

Dengan kriteria tersebut, ia melihat para calon ketua OSIS bisa menjadi bibit unggul sebagai mahasiswa IPB University ke depannya.

Pada Jumat (14/4) lalu, IPB University resmi mengumumkan nama-nama peserta yang lolos masuk IPB University melalui jalur Ketua OSIS. Dari total 1.189 pelamar jalur Ketua OSIS Sarjana dan 155 pelamar Ketua OSIS Sekolah Vokasi (SV), sebanyak 345 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS Sarjana dan 73 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS SV.

Dalam momen tersebut, Sekretaris Institut (SI) IPB University, Prof Agus Purwito turut memperkenalkan kepada para awak media mengenai struktur organisasi IPB University yang baru dengan perubahan empat wakil rektor dan kepala lembaga yang baru berdiri pada tahun ini.

Sementara, Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi menyampaikan kinerja riset IPB University selama ini. 

Adapun, Kepala Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LKPE) IPB University, Prof Arief Darjanto menjelaskan, selama ini IPB University fokus kepada kepemimpinan mahasiswa. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman Rektor Wageningen University & Research (WUR), kunci keberhasilan berada pada penyiapan pemimpin-pemimpin (di tingkat struktural).

"Nanti akan disusun modul-modul kepemimpinan. Akan ada program yang disebut eksekutif program elt untuk direktur, dekan, tenaga kependidikan (tendik) dan juga dosen baik internal maupun eksternal IPB University," tandasnya. (Ns/Rz)