Kuliah di BDP Itu Seru dan Menantang

Kuliah di BDP Itu Seru dan Menantang

kuliah-di-bdp-itu-seru-dan-menantang-news
Student Insight

Bagi kalian yang menyukai ikan dan proses budidayanya, IPB University memiliki Departemen Budidaya Perairan (BDP) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Inilah yang dilakukan Radi Ihlas Albani. Pria yang sejak kecil suka memelihara ikan dan pelajaran biologi ini memilih Departemen Budidaya Perairan atau biasa disebut Jurusan Akuakultur IPB University.

“Biologi adalah pelajaran yang paling saya kuasai waktu SMU. Waktu mau masuk S1 tahun 2004, saya cek di Indonesia hanya BDP IPB University yang akreditasinya A serta jurusan BDP terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Pada departemen ini terdapat dua program studi yaitu  teknologi manajemen perikanan budidaya dan  ilmu akuakultur. Kuliah di departemen ini akan banyak mempelajari seputar budidaya ikan. Mulai dari memahami jenis dan fisiologi ikan, kualitas air dan lingkungan untuk budidaya, teknologi budidaya, nutrisi untuk ikan dan bahan baku pakannya, penyakit ikan sampai genetika ikan juga dipelajari.

Karenanya kuliah di departemen ini sangat seru dan menantang. Apalagi mahasiswa akan banyak terjun ke lapang untuk praktikum dan belajar langsung ke pembudidayaan. Tak cuma seputar teknis budidaya, pastinya mahasiswa di jurusan ini juga diberikan ilmu manajemen dan kewirausahaan sebagai bekal menjalankan bisnis perikanan. Mahasiswanya juga cukup aktif dan prestatif.

Radi kini menjadi mahasiswa program Pascasarjana Ilmu Akuakultur tahun 2018. Radi berhasil mendapatkan pendanaan riset Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIMLITABMAS) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tahun 2019/2020 untuk dua tahun pelaksanaan.

"Fasilitas yang diperoleh di BDP juga cukup lengkap untuk melakukan penelitian yang sesuai dengan minat saya. Tenaga pengajarnya berkualitas dan sudah cukup saya kenal sejak S1. Lulusan dari departemen BDP memiliki peluang menjadi tenaga pendidik, tenaga peneliti, tenaga penyuluh, serta wirausahawan," ungkap Radi, yang saat ini juga menjadi salah satu peserta program Six University Initiative Japan Indonesia (SUIJI) 2019/2020 dan sedang melaksanakan risetnya di Jepang.

Menurutnya, hal berkesan yang ia rasakan selama menjadi mahasiswa diantaranya ialah ketika semua nilai mata kuliahnya A kecuali pada mata kuliah statistika mendapat nilai AB. Selain itu Radi juga leluasa untuk melakukan penelitian sesuai dengan minat yang belum tentu bisa dicover di tempat lain.

“Bioflok merupakan fokus riset yang sedang saya jalani. Di BDP juga ada ahli Bioflok yaitu Dr Julie Ekasari sehingga kuliah di BDP IPB University sangat mendukung riset saya,” tandasnya. (IR/Zul)

Keyword: Departemen Budidaya Perairan, Akuakultur, IPB University